KOMPETENSI
PEDAGOGIK
Modul 1 KB 1
Teknologi dan media berperan penting dalam proses peningkatan kualitas
hidup manusia, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Teknologi dan media
memiliki sumber daya besar untuk mempengaruhi pikiran dan perilaku khalayak,
termasuk guru dan siswa dalam suatu proses komunikasi pendidikan. Asumsi
tersebut merupakan pernyataan teoretik dari
Question
options:
Diterminisme
ICT
|
|
Diterminisme
teknologi
|
|
Diterminisme
budaya
|
|
Diterminisme
sosial
|
|
Diterminisme
teknologi dan efek media
|
Guru menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili
profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital, merupakan deskripsi
dari standar
Model Kerja dan Belajar Digital-Age
|
|
Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
|
|
Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
|
|
Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa
|
|
Memfasilitasi pembelajar kekinian
|
Sebagai sebuah karya peradaban mutakhir, TIK berkembang pesat dalam
perannya sebagai fasilitator pembelajaran. TIK pun juga bisa menjadi media itu
sendiri, yang disebut sebagai?
Multimedia
|
|
Media konvergensi
|
|
Media transformasi
|
|
Media Berbasis TIK
|
|
Media Berbasis web
|
Mediatisasi adalah sebuah proses dinamis dalam hubungan antara keberadaan
media di tengah masyarakat yang bersifat insitusional. Di sini media yang
mulanya merupakan hasil temuan ilmu pengetahuan dan teknologi kemudian
berkembang menjadi institusi sosial, yang kemudian juga terlibat dalam
pergulatan hubungan dengan institusi sosial lainnya, termasuk dalam lembaga
sekolah. Ciri utama mediatisasi dalam konteks pembelajaran adalah?
Media sangat bergantung pada kemampuan dan motivasi guru guru
|
|
Media menjadi insitusi otonom atau indipenden terhadap lembaga sekolah
dan kemudian menjadi lebih terintegrasi dengan institusi pendidikan.
|
|
Media tidak bersifat menentukan terhadap perilaku guru dan siswa, karena
menempatkan siswa sebagai subyek aktif dalam menerima pesan media.
|
|
Media terus berkembang sebagai institusi otonom dan mengancam keberadaan
dan peran guru dalam proses pembelajaran.
|
|
Media bergantung pada kebijakan lembaga sekolah dalam perannya sebagai
komponen dalam pembelajaran.
|
Penetrasi TIK dalam pembelajaran semakin mendorong lembaga sekolah
memanfaatkan teknologi canggih ini. Bukan saja sumber daya TIK memang begitu
besar untuk memberikan kontribusi terhadap kualitas pembelajaran, tetapi
sebagai bagian dari revolusi industri 4.0 siapa pun tidak bisa menghindar terhadap
hadirnya gelombang baru ini. Dari sudut pandang teknologi pendidikan, TIK
memang terbukti memiliki sumber daya besar untuk membantu peningkatan kualitas
pembelajaran. Atas dasar argument itu, mana pernyataan berikut yang Anda anggap
benar?
Sebagai guru abad 21, guru harus menyesuaikan diri dengan cara kerja
logika teknologi dan media, sehingga bagaimanapun guru harus mengikuti
kehendak teknologi dan media.
|
|
Guru sampai kapan pun tetap merupakan kekuatan tersendiri dalam proses
pembelajaran, sehingga kehadiran TIK tidak perlu diperhitungkan karena
teknologi dan media tidak bisa mengganti peran guru dalam proses
pembelajaran.
|
|
Perangkat TIK perlu dikendalikan pemanfaatannnya di sekolah supaya tidak
menimbilkan pengaruh buruk
|
|
Tidak ada satu kekuatan apa pun yang bisa menghentikan pengaruh teknologi
dan media dalam dunia pendidikan, karena itu guru harus beradaptasi dengan
perkembangan baru ini.
|
|
Kehadiran TIK ini tidak harus dihadapkan secara frontal pada peran guru,
karena TIK bisa berjalan secara pararel dan saling mengisi di antara peran
guru dan peran teknologi serta media untuk memecahkan problem pembelajaran.
|
Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam kehidupan
sehari-hari di bidang pendidikan pada era digital ini adalah
Sebagai media literasi
|
|
Sebagai media hibran
|
|
Sebagai media promosi
|
|
Sebagai media komunikasi
|
|
Sebagai media sumber belajar
|
Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak
(internet) sebagai media peralatan interaktifk apanpun dan dimanapun saat
diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat
dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut
Interacting with others
|
|
Interactive tools
|
|
Situational tools
|
|
Independent tools
|
|
Alternative tools
|
Berikut yang bukan situs media interaktif berbasis web dan media sosial
yang dapat dimanfaatkan guru sebagai sarana belajar dalam komunitas belajar di
seluruh penjuru dunia
web
|
|
proquest
|
|
podcast
|
|
blog
|
|
wiki
|
Berikut yang bukan termasuk kemampuan yang harus dimiliki guru dalam
pengembangan pembelajaran di era digital adalah
Interactive Instruction and Personal Response System
|
|
Interacting with others
|
|
Community of Practice (Komunitas Praktik)
|
|
Personal Response System (PRS)
|
|
Interactive Instruction (Pembelajaran Interaktif)
|
Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam
kehidupan sehari-hari pada abad 21 ditandai dengan
Interpersonal skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Semakin merosotnya nilai-nilai karakter siswa
|
|
Hasil belajar siswa yang mulai meningkat setelah menggunakan media dan
teknologi digital.
|
|
Keterampilan motorik siswa yang mulai terlihat dalam kegiatan
pembelajaran
|
|
Peningkatan penggunaan media sosial untuk melakukan interaksi sosial
terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia.
|
Modul 1 KB 2
Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam kehidupan
sehari-hari di bidang pendidikan pada era digital ini adalah
Sebagai media promosi
|
|
Sebagai media komunikasi
|
|
Sebagai media literasi
|
|
sebagai media interaktif
|
|
Sebagai media sumber belajar
|
Guru secara terus-menerus meningkatkan praktik profesional mereka,
memodelkan pembelajaran seumur hidup, dan memamerkan para pemimpin dalam
komunitas sekolah dan profesional mereka dengan mempromosikan dan
mendemonstrasikan penggunaan alat-alat digital dan sumber daya dengan cara
Interaktif dan komunikatif
|
|
Model Kerja dan Belajar Digital-Age
|
|
Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
|
|
Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
|
|
Terlibat dalam Pertumbuhan Profesional dan Kepemimpinan
|
Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak
(internet) sebagai media peralatan interaktif kapanpun dan dimanapun saat
diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat
dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut
Situational tools
|
|
Media tools
|
|
Interacting with others
|
|
Alternative tools
|
|
Interactive tools
|
Berikut yang bukan situs media interaktif berbasis web dan media sosial
yang dapat dimanfaatkan guru sebagai sarana belajar dalam komunitas belajar di
seluruh penjuru dunia...
blog
|
|
wiki
|
|
proquest
|
|
web
|
|
podcast
|
berikut yang bukan kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan
pembelajaran di era digital adalah sebagai berikut...
Dubbing
|
|
Community of Practice (Komunitas Praktik)
|
|
Personal Response System (PRS)
|
|
Interacting with others
|
|
Interactive Instruction
|
Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam
kehidupan sehari-hari pada abad 21 ditandai dengan...
Peningkatan penggunaan media sosial untuk melakukan interaksi sosial
terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia.
|
|
Peningkatan game online dalam pembelajaran
|
|
Keterampilan motorik siswa yang mulai terlihat dalam kegiatan
pembelajaran
|
|
Interpersonal skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Hasil belajar siswa yang mulai meningkat setelah menggunakan media dan
teknologi digital.
|
Guru menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili
profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital, merupakan deskripsi
dari standar...
Professional guru
|
|
Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa
|
|
Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
|
|
Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
|
|
Model Kerja dan Belajar Digital-Age
|
Guru dalam pembelajaran berbasis digital menggunakan perangkat digital
handlehand. Hal ini sesuai peran guru dalam pembelajaran berbasis teknologi
digital berupa...
Mobile tools
|
|
Personal Response System (PRS)
|
|
Interactive Instruction
|
|
Community of Practice
|
|
Mobile Assessment Tools
|
File multimedia berbasis internet yang diformat untuk dapat diunduh
langsung ke perangkat seluler adalah pengertian dari...
wiki
|
|
blog
|
|
web
|
|
podcast
|
|
html
|
Salah satu contoh konkret penggunaan aplikasi untuk media pembelajaran yang
digunakan guru saat pembelajaran di kelas pada era digital adalah...
Wiki
|
|
macroflash media
|
|
powerpoint
|
|
Microsoft word
|
|
Corel draw
|
Modul 1 KB 3
Rancangan pembelajaran abad 21 yang harus disiapkan guru mencakup tiga hal
pokok berikut yang bukan termasuk tiga hal pokok tersebut...
strategi pembelajaran
|
|
evaluasi pembelajaran
|
|
inti materi pembelajaran
|
|
masalah pembelajaran
|
|
tujuan pembelajaran
|
Model pembelajaran Cooperative Learning berikut yang paling sesuai untuk
membelajarkan membaca dalam Bahasa Indonesia adalah....
Problem Solving
|
|
Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC)
|
|
Contextual Learning
|
|
Learning Cycle(Daur Belajar)
|
|
Team Games Tournament(TGT)
|
Rancangan pembelajaran di abad ke 21 diharapkan dapat disusun oleh guru
dengan tujuan untuk...
menambah pengalaman dan pengetahuan guru
|
|
mengembangkan kreativitas dan inovatif siswa
|
|
mencapai hasil pembelajaran yang optimal.
|
|
mengembangkan potensi siswa melalui pemanfaatan teknologi berbasis
komputer dan media online.
|
|
optimalisasi media berbasis online
|
Model pembelajaran yang sering diterapkan guru pada pembelajaran abad 21
diantaranya...
Inquiry
|
|
scientifik
|
|
problem based learning
|
|
konvensional
|
|
diskusi
|
|
Mengapa dukungan infrastruktur pembelajaran berperan penting dalam
pencapaian kompetensi di abad 21?
desain yang mempersulit berhubungan dengan dunia luar/komunitas yang
lebih luas.
|
|
karena mencakup aspek desain yang fleksibel
|
|
informasi tak terbatas
|
|
karena menjadi faktor penunjang yang signifikan.
|
|
karena tidak memfasilitasi keterhubungan yang konstruktif
|
Penyusunan rancangan pembelajaran pada Kurikulum 2013 tentang penilaian
menyesuaikan karateristik belajar abad 21 bercirikan...
adanya observer dalam pembelajaran
|
|
adanya kerjasama tim
|
|
adanya penilaian autentik
|
|
adanya diskusi
|
|
adanya media teknologi berbasis online
|
|
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang
Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan komponen rancangan
pembelajaran berikut yang tidak termasuk komponen RPP yaitu...
identitas sekolah
|
|
penilaian kepala sekolah
|
|
materi pokok
|
|
metode pembelajaran
|
|
identitas mata pelajaran atau tema/subtema
|
Siswa membuat keputusan, dan membuat kerangka kerja dan terdapat masalah
yang pemecahannya tidak ditentukan sebelumnya. Hal ini merupakan ciri khas dari
model pembelajaran...
Contextual Learning
|
|
Cooperative Learning
|
|
Problem Based Learning
|
|
Project Oriented Learning
|
|
Project Based Learning
|
Berikut ini yang merupakan tipe pembelajaran Cooperative Learning...
Contextual Learning
|
|
QuantumLearning
|
|
Think-Pair-Share
|
|
Problem Solving
|
|
Project Based Learning
|
Berikut karakteristik model suatu pembelajaran 1) Working autonomy 2)
Practical relevance 3) Learning of soft skills 4) Cooperation of university and
practice Model pembelajaran yang sesuai karakteristik di atas adalah...
Project Based Learning
|
|
Problem Based Learning
|
|
Cooperative Learning
|
|
Project Oriented Learning
|
|
Contextual Learning
|
Tes Sumatif
Abad ke 21 salah satunya ditandai dengan munculnya fenomena masyarakat
digital. Hal ini sering diidentikkan dengan ….
Masyarakat primitive
|
|
Masyarakat agraris
|
|
Masyarakat informasi
|
|
Masyarakat industry
|
|
Masyarakat modern
|
Gelombang keempat atau biasa disebut gelombang 4.0 dicirikan sebagai
berikut…
Pola-pola komunikasi dua arah
|
|
Bertumpu pada media generasi sebelumnya
|
|
Guru menjadi pusat informasi
|
|
Bertumpu pada kreativitas Sumber Daya Manusia
|
|
Mengandalkan sumber daya alam
|
Masyarakat di Indonesia di era digital abad ke 21 ini ditandai dengan….
Sebagian besar telah terjangkau internet
|
|
Semua telah terjangkau internet
|
|
Sebagaian kecil melek internet
|
|
Semua belum terjangkau internet
|
|
Semua telah melek internet
|
Kemunculan masyarakat informasional itu ditandai dengan lima karateristik
dasar, antara lain ada teknologi yang bertindak berdasarkan informasi.
Pernyataan berikut yang sesuai dengan karateristik tersebut
Hardware factor terpenting dari perangkat teknologi
|
|
Teknologi dapat berdiri sendiri tanpa informasi
|
|
Teknologi adalah kemungkinan satu-satunya pemecahan masalah
|
|
Inforamsi hanya efektif disampaikan melalui tenologi canggih
|
|
Perkembangan
teknologi mengikuti perkembanagan informasi
|
Informasi tidaklah secara eksklusif, tetapi sebagian besar, dalam kaitan
ini bahwa kita hidup dalam era informasi. Pernyataan tersebut dikatakan oleh
Rogert Owen
|
|
Manuel Khan
|
|
Manuel Gall
|
|
Robert Hall
|
|
Scott Lash
|
Menurut Lash generasi pertama perkembangan ICT secara fundamental adalah
informasional, dengan sektor kuncinya adalah semikonduktor, software (sistem
operasi dan aplikasi), dan....
computer
|
|
Laptop
|
|
Wifi
|
|
Flashdisk
|
|
Notebook
|
Menurut Lash generasi kedua, ekonomi baru adalah komunikasional, karena itu
sentralitasnya adalah….
internet
|
|
internet dan sektor jaringan
|
|
sumber data
|
|
jaringan
|
|
kabel data
|
Jika hubungan sosial lama menempatkan tempat dengan prinsip kedekatan,
ikatan komunikasional adalah meletakan tempat pada….
jarak
|
|
letak
|
|
kejauhan
|
|
jarak jauh
|
|
posisi
|
Sekarang ini banyak yang sepakat bahwa masyarakat Indonesia mengalami
transisi dari masyarakat offline menuju masyarakat….
Digital
|
|
Computer
|
|
Laptop
|
|
online
|
|
internet
|
Ciri utama masyarakat informasi adalah bahwa semua aktivitas masyarakatnya
berbasis pada....
Pengalaman
|
|
Pengetahuan
|
|
Penerapan
|
|
Pencitraan
|
|
Penalaran
|
Pendidikan memegang peranan sangat penting dan strategis dalam membangun
masyarakat berpengetahuan yang memiliki keterampilan: (1) melek teknologi dan
media; (2) melakukan komunikasi efektif; (3) berpikir kritis; (4) memecahkan
masalah; dan….
Obyektif
|
|
Individual
|
|
kooperatif
|
|
Subyektif
|
|
Berkolaborasi
|
Pada awal dekade sembilanpuluhan telah ada buku The Second Media Age yang
mengakabarkan datangnya periode baru yaitu hadirnya teknologi interaktif dan
komunikasi jaringan terutama sejak hadirnya internet, yang akan mengubah
masyarakat. Buku tersebut disusun oleh ....
Karl Mark
|
|
John Lewis
|
|
John Lock
|
|
Mark Poster
|
|
Mark Howard
|
Berikut pandangan yang penting dimiliki seorang guru dalam memanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi yaitu…
Pemilihan metode pembelajaran tidak perlu dikaitkan dengan jenis
teknologi yang digunakan
|
|
Teknologi
yang lebih canggih selalu lebih baik dalam pembelajaran
|
|
Kehadiran teknologi dapat menggantikan peran guru secara menyeluruh
|
|
Komponen pemanfaatan TIK yang paling penting adalah hardware dan
software.
|
|
Pemanfaatan
TIK harus menjadi bagian terintegrasi dalam pembelajaran
|
Terdapat ungkapan bahwa, buku bisa digantikan dengan teknologi, tetapi
peran guru tidak bisa digantikan, bahkan harus diperkuat. Pada era sekarang,
abad 21, guru harus mampu memanfaatkan….
Teknologi inovatif
|
|
Teknologi digital untuk mendesain pembelajaran yang kreatif.
|
|
Media inovatif
|
|
Media online
|
|
Telekomunikasi
|
Guru harus mampu memanfaatkan teknologi digital yang ada untuk mendesain pembelajaran
kreatif yang memampukan siswa aktif dan berpikir kritis. Dari pernyataan
tersebut maka guru harus berperan sebagai….
Evaluator
|
|
Dinamisator
|
|
Kolaborator
|
|
Fasilitator
|
|
Motivator
|
Guru harus mulai membiasakan untuk merasakan pembelajaran digital yang
terus berkembang melalui cara…
Mengikuti pelatihan dengan program yang paling canggih saat ini
|
|
Pengadaan perangkat TIK di Sekolah
|
|
Memiliki perangkat TIK canggih
|
|
Menggunakan TIK pada hal yang sederhana dan praktis
|
|
Guru diwajibkan menggunakan perangkat dalam setiap Pembelajaran
|
Di abad ke 21 guru dapat mengarahkan pembelajaran lebih banyak pada
diskusi, memecahkan masalah, hingga melakukan proyek yang merangsang siswa
untuk ….
Berpikir logik
|
|
Bertindak manual
|
|
Berpikir kritis
|
|
Mengupdate
|
|
Menyimak
|
Kemampuan guru dalam posisi sebagai fasilitator ini berarti harus mengubah
cara berpikir bahwa guru adalah pusat (teacher center) menjadi siswa adalah
pusat (student center) sebagaimana dituntut dalam….
Kurikulum 2004
|
|
Kurikulum 2006
|
|
Kurikulum 1974
|
|
Kurikulum 1986
|
|
Kurikulum 2013
|
Pada abad ke 21 guru harus meningkatkan profesionalnya dengan
meningkatkan….
Minat konsumtif
|
|
Minat diskusi
|
|
Minat produktif
|
|
Minat berinovasi
|
|
Minat baca
|
Pada abad ke 21 guru juga dituntut untuk bisa menuangkan gagasan-gagasan
inovatifnya dalam bentuk….
Tulisan
|
|
Karya tulis
|
|
Media
|
|
Digital
|
|
Karya ilmiah
|
Guru abad 21 harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan metode belajar
atau mencari pemecahan masalah-masalah belajar sehingga
meningkatkan…pembelajaran berbasis TIK.
Otentitas
|
|
Kuantitas
|
|
Subyektivitas
|
|
Kualitas
|
|
Obyektivitas
|
Melalui pola pembelajaran hibrida yang memanfaatkan perangkat komputer atau
pun smartphone yang terkoneksi pada jaringan internet memberikan peluang
seluas-luasnya bagi guru dan siswa untuk melakukan aktivitas belajar sambil
melakukan aktivitas lain, termasuk rekreatif secara bersama-sama. Inilah yang
disebut pembelajaran….
Multidisipliner
|
|
Multiinterdisipliner
|
|
Multidimensi
|
|
Multilearner
|
|
Multitasking
|
Kehadiran e-learning guru abad 21 juga dituntut untuk kreatif dan inonvatif
dalam memanfaatkan media baru (new media) untuk pembelajaran berbasis web. Oleh
karena itu guru perlu mempunyai kompetensi untuk menerapkan….
Multiinterdisipliner
|
|
Multidisipliner
|
|
Multitasking
|
|
Multimedia
|
|
Multilearner
|
Karakteristik guru abad 21 di tengah pesatnya perkembangan era teknologi
digital bagaimanapun harus mampu melakukan transformasi kultural. Karena itu
transformasi mengandaikan terjadi proses pergantian dan perubahan dari sesuai
yang dianggap lama menjadi sesuatu yang dianggap….
Canggih
|
|
Baik
|
|
Penting
|
|
Baru
|
|
Hebat
|
Ketika transformasi digunakan untuk menjelaskan konsep transformasi budaya,
maka mengandaikan terjadinya proses alih ubah nilai, sikap, dan praksis dalam
aktivitas kebudayaan. Tindakan seorang guru berikut yang mencerminkan adanya
trasformasi budaya adalah…
Menceritakan kecanggihan teknologi
|
|
Menganjurkan peserta didik untuk selalu menggunakan TIK
|
|
Melarang peserta didik dalam menggunkan TIK sejak dini
|
|
Memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk menggunakan TIK
|
|
Mengembangkan
sikap kritis terhadap dampak positif dan negatif penggunaan TIK
|
Transformasi kultural, bila diterapkan dalam kaitannya dengan perkembangan
model pembelajaran hibrid, maka konsep transformasi kultural tentu mengandaikan
proses alih ubah dari nilai tradisional ke nilai pembelajaran….
Redaksional
|
|
Konvensional
|
|
Liberal
|
|
Modern
|
|
Rasional
|
Pembelajaran berbasis media baru (new media) maka mengedepankan
egalitarianism, kesetaraan, emansipatif dan partisipatif dalam proses
komunikasinya, maka student-center lebih sesuai dengan prinsip pembelajaran ….
Online
|
|
Modern
|
|
Rasional
|
|
Konvensional
|
|
Liberal
|
Diperlukan adanya transformasi kultural dari model pembelajaran yang
berprinsip searah, top-down dan memposisikan peserta didik sebagai pihak pasif
ke arah model pembelajaran konstruktivistik yang berorientasi pada….
Evaluasi
|
|
Sumber belajar
|
|
Guru
|
|
Peserta didik
|
|
Media
|
Fenomena generasi abad 21 memiliki kecakapan nilai dan perilaku seperti
rasa keingintahuan tinggi, kepercayaan diri dan keberanian. Tindakan yang tepat
oleh seorang guru menyikapi hal tersebut yaitu…
Guru membuat
aturan ketat penggunaan perangkat teknologi di sekolah
|
|
Guru
membatasi penggunaan perangkat teknologi di sekolah
|
|
Guru memperbaharui kemampuan teknologi setiap kali ada software baru.
|
|
Guru
memerankan sebagai fasilitator dan kolaborator dalam pembelajaran
|
|
Guru memerankan sebagai administrator dan motivator di sekolah
|
Penerapan model … seperti pembelajaran kooperatif, metode diskusi curah
pendapat dan debat perlu diintensifkan sehingga melatih siswa memiliki
kemampuan bertanya dan tidak takut bertanya dalam upaya mengembangkan kemampuan
berpikir kritis dan pemecahan masalah.
Pembelajaran kooperatif
|
|
Pembelajaran konstruktivistik
|
|
Pembelajaran modern
|
|
Pembelajaran kolaboratif
|
|
Pembelajaran konvensional
|
0 komentar:
Post a Comment