A. PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK
1. Pernyataan berikut
yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
a. Kemampuan
berkomunikasi
b.
Kemampuan untuk
memecahkan masalah
c. Kemampuan berinteraksi
d. Kemampuan untuk
mengintegrasikan diri
2. Perkembangan kognitif
merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta
didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah…..
a. Inspirasi
b. Budaya
c. Inspirasi
d.
Pengasuhan dan
lingkungan
3. Kemampuan berfikir
untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek
bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
a. 0 – 2 tahun
b. 2 — 7 tahun
c.
7 — 11/12 tahun
d. 11/12/ — 14/15 tahun
4. Menggunakan potongan
sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta
IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang
dikenal sebagai tahapan
a. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat
kongkrit (operasional konkrit)
b.
Pengamatan dan
penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
c.
Dominasi
pengamatan bersifat egosentris
d.
D.Kemampuan
mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat
konkrit (operasional formal)
B.
SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK PERKEMBANGAN
SOSIAL-EMOSIONAL PESERTA DIDIK
5. Kemampuan peserta
didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk
kecerdasan….
a. Kognitif
b. Sosial
c.
Emosional
d. Moral
6. Seorang peserta mampu
mengendalikan diri dengan baik dalam berbagai situasi dan mampu mampu menjalin
kerjasama yang baik dengan teman-temannya, dan mampu memposisikan diri di
lingkungan dengan baik. Peserta didik tersebut memiliki kecerdasan…
a. Moral
b. Spiritual
c.
Sosial emosional
d. Kognitif
7. Seorang peserta didik
selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi
kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang
memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung
belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam
perkembangan …
a. Sosial-emosional
b.
Kognitif
c.
Moral
d.
Spritual
C.
SOAL PERKEMBANGAN MORAL PESERTA
DIDIK
8. Peserta didik telah
memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak
didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral
alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan
suatu kode moral pribadi. Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada
tahapan …
a. Penalaran pascakonvensional
b.
Penalaran
konvensional
c.
Penalaran
prakonvensional
d.
Penalaran
interkonvensional
9. Individu memandang apa
yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia
mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai
sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral
…
a. Prakonvensional
b. Konvensional
c.
Pascakonvensional
d. Interkonvensional
D.
SOAL KESULITAN BELAJAR SISWA
10. Memaksimalkan kegiatan
ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan
informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
a. Mengemukakan gagasan
b. Mengaktualisasikan
diri
c.
Penciptaan hubungan
yang baik
d. Menformulasikan
tindakan
11. Tindakan yang paling
tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang
sedang diajarkan adalah:
a. Mengulang kembali
bahan yang diajarkan
b. Memberikan tugas agar
siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
c. Memberikan buku sumber
untuk dipelajari siswa
d.
Membantu setiap siswa
yang mengalami kesulitan
12. Seorang peserta didik
mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat
ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami
kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ….
a. Kesulitan akademis
b.
Gangguan simbolik
c. Gangguan non simbolik
d. Gangguan sosial
13. Perbedaan antara
konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling
adalah….
a. Membantu siswa agar
dapat memecahkan masalah pribadinya
b. Menbantu siswa agar
dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
c.
Membantu siswa agar
dapat mengatasi kesulitan belajar
d. Membantu siswa agar
memperoleh informasi tertentu
14. Cara yang yang paling
cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar
peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah …
a.
Sosiometri
b. Angket
c. Wawancara
d. Brainstorming
15. Bila anda sebagai guru
menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang
diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?
a. Memindahkantempat
duduk peserta didik ke meja yang paling depan
b. Mengulangi penjelasan
bahan ajar kepada seluruh peserta didik
c.
Memberikan bantuan
belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
d. Menugaskan seluruh
peserta didik membaca buku sumber
16. Peserta didik banyak
meluangkan waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Dia rela menghabiskan
waktunya untuk teman daripada belajar. Ketika hasil tes dibagikan, serta didik
mendapat nilai yang kurang memuaskan. berusaha menyadarkan siswa. hal tersebut
merupakan penyadaran kesulitan belajar yang bersumber dari faktor …
a. Keluarga
b.
Sosial
c. Kondisi fisik
d. Intelektual
E.
SOAL TEORI BELAJAR
17. Teori ini memandang belajar
sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus)
dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan
(bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah
hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang
dimaksud adalah…
a.
Behaviorisme
b. Humanistik
c. Sibernetik
d. Kontruktivisme
18. Di dalam proses
pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk
mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error),
mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus
beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini
merupakan penerapan teori belajar….
a. Sibernetik
b. Humannistik
c. Behaviorisme
d.
Konstruktivisme
19. Menurut teori ini,
peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan
memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini
berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari
sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
a.
Humanistik
b. Konstruktivisme
c. Kognitivisme
d. Nativisme
20. Pada masa kini siswa
dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini
terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam
jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
a.
Sibernetik
b. Konstruktivisme
c. Behaviorisme
d. Kognitivisme
21. Pendapat yang
menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan
pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah
teori belajar…
a. Behaviorisme
b. Konstruktivisme
c.
Kognitivisme
d. Sibernatik
F.
SOAL PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
22. Tujuan pembelajaran
yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta
didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
a. Silabus
b.
RPP
c. Silabus dan RPP
d. SKL
23. Komponen rancangan
pelaksanaan pembelajaran terdiri dari….
a. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
b.
Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran,
indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah
pembelajaran, evaluasi
c.
Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan
pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
d.
Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan
pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi,
langkah-langkah pembelajaran
24. Silabus dan RPP
sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai
berikut:
a. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp
mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
b.
Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP
bersumber dari standar kompetensi lulusan
c.
RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
d.
RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
25. Salah satu prinsip
dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
a.
Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
b. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta
didik
c.
RPP bersumber dari silabus
d.
Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
26. Renacana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu
kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari….
a.
Silabus untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya
mencapai KD
b.
Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai
KD
c.
Silabus untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD
d. Silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta
didik dalam upaya mencapai KD
27. Perhatikan beberapa
komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut
……
Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat
menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah….
a.
Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
b.
Mendorong partisipasi aktif peserta didik
c.
Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
d. Keterkaitan dan keterpaduan
28. Dalam mengunakan media
dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah
ini, kecuali satu yakni;:
a.
Metode mengajar yang digunakan guru
b.
Karakteristik bahan ajar
c. Waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran
d.
Buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran
29. Jika seorang guru
melakukan aktifitas pembelajaran sebagai berikut:
Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan
diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi,
Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing belajar peserta didik.
Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara penyelesaian
masalah dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, seperti peta konsep,
diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.
Maka guru tersebut dapat dikatakan menggunakan pembelajaran yang berbasis….
a.
Kognitivisme
b.
Behaviorisme
c. Konstructivisme
d.
Humanisme
30. Menurut Piaget,
periode perkembangan operasi kongkrit pada siswa usia peserta didik antara 7 –
12 tahun. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…
a. Penggunaan media, alat peraga termasuk sumber belajar.
b.
Pemberian tugas yang tersetruktur.
c.
Penggunaan metode bervariasi
d.
Menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah.
31. Benjamin S. Bloom
mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
a.
Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
b. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan
evaluasi
c.
Ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d.
Ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
32. Taksonomi Anderson dan
Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah
kognitif dengan urutan berikut:
a.
Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
b.
Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
c.
Ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d. Ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan,
mencipta.
33. Model pembelajaran
yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif,
memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan
kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat,
adalah….
a.
Role Playing
b.
Inquiry
c. Problem Solving
d.
Picture and Picture
34. Faktor yang penting
dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses
pembelajaran adalah:
a.
Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
b. Rumusan masalah yang harus didiskusikan
c.
Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
d.
Motivasi belajar siswa
35. Kemampuan yang paling
penting dimiliki guru tentang media dan alat bantu pembelajaran adalah:
a.
Memilih bahan untuk membuat media/alat bantu
b. Membuat media dan alat bantu sederhana
c.
Menggunakan media dan alat bantu
d.
Merawat media dan alat bantu
36. Fungsi indikator
dijadikan sebagai penanda dalam….
a.
Pencapaian standar kompetensi
b.
Pencapaian kompetensi dasar.
c.
Pencapaian tujuan pembelajaran
d. Pencapaian standar kelulusan
37. Tindakan yang paling
tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami
pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
a.
Mengulang kembali bahan yang diajarkan
b.
Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
c.
Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
d. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan
38. Bila anda sebagai
guru menemukan peserta didikmengalami kesulitan
memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan
dilakukan ?
a.
Memindahkantempat duduk peserta didik ke mejayang paling depan
b.
Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
c. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang
bersangkutan
d.
Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
39. Apa yang paling tepat
dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas
pertanyaan yang diajukan ?
a. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan
tersebut
b.
Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
c.
Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
d.
Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
40. Prinsip sistematis
sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ….
a.
Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam
silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial,
emosional, dan spritual peserta didik.
b.
Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar,
indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan
sistem penilaian.
c. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran,
pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang
pencapaian kompetensi dasar.
d.
Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam
mencapai kompetensi.
41. Ciri-ciri kelas yang
menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali….
a.
Sharing dengan teman
b.
Guru kreatif
c.
Pengalaman nyata
d. Menggunakan satu sumber
42. Dalam memilih dan
mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi
pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan
memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan
pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
a. Sahih
b.
Kebermanfaatan
c.
Layak dipelajari
d.
Menarik minat
43. Bu Rossa menyiapkan
materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa
kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan
materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola….
a.
Kausal
b. Spiral
c.
Kronologis
d.
Inquiri
G.
SOAL MEDIA DAN TIK DALAM PEMBELAJARAN
44. Memilih media
pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada
kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil,
kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria…
a.
Tujuan
b.
Sasaran didik
c.
Ketersediaan
d. Konteks penggunaan
45. Pada saat
mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran
dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan
dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih
media pembelajaran adalah…
a.
Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
b. Pendidik harus memahami karakteristik dari media
pembelajaran tersebut.
c.
Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
d.
Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
46. Pada saat
mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang
tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat
dibagi ke dalam..
a. Media yang memiliki daya liput yang luas dan media
yang memiliki daya liput terbatas
b.
Media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat
c.
Media tradisional dan media berbasis tik
d.
Media dua dimensi dan media tiga dimensi
47. Di ruang media
tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai
seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih
media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal
ini.
Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan
adalah…
a. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu
pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
b.
Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi
sekolah dan konteks penggunaan.
c.
Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks
penggunaan
d.
Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
48. Seorang guru harus
mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan
pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media
pembelajaran adalah:
a.
Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis tik
b.
Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
c. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam
suatu kegiatan
pembelajaran
d.
Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
49. Setiap materi
pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan
peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru
sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan
video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:
a.
Menampilkan objek yang terlalu besar
b. Membuat konkrIt konsep yang abstrak
c.
Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
d.
Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan
belajar.
50. Media memiliki fungsi
dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu
pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin
menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan
medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi
tersebut:
a. Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar,
candi.
b.
Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan
belajar.
c.
Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran
darah.
d.
Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
51. Seorang guru ingin
membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat
pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh
guru tersebut adalah…
a.
Book
b.
Forum
c. Blog
d.
E-portofolio
52. Seorang guru sedang
ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai
pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…
a.
Program mencari informasi
b.
Program desktop publishing
c. Program untuk menjelajahi laman
d.
Program penciptaan laman
53. Seorang guru yang akan
mencari informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet
yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman
yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah…
a.
gmail.com
b. google.com
c.
hotmail.com
54. Saat kita akan
informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet
yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).
Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah…
a. yahoo.com
b.
gmail.com
c.
hotmail.com
55. Seorang guru akan
membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan berbagai
dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk
memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah…
a.
Microsoft Database
b.
Microsoft PowerPoint
c.
Microsoft Desktop Publishing
d. Microsoft Word
56. Seorang guru dapat
menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran.
Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi
sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan
presentasi adalah….
a.
Microsoft Database
b.
Microsoft Spread Sheet
c. Microsoft Power point
d.
Microsoft Desktop Publishing
57. Tools pembelajaran
daring/online cukup banyak dan memiliki fungsi masing-masing. Salah satu
fiturnya berupa kumpulan soal tes sumatif dan tes akhir pembelajaran.
Fitur moodle ini adalah…
a. Quiz
b.
Page
c.
Lesson
d.
Blog
58. Dalam pembelajaran
daring terdapat beberapa unsur atau elemen pembangun pembelajaran elektronik.
Unsur berikut yang bukan termasuk unsur pembangun elektronik adalah…
a.
Penulis konten (content writer)
b. Penata grafis (design
grafis)
c.
Perancang pembelajaran (course design)
d.
Pemrogram komputer (computer programmer).
59. Dalam mengawali
pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi)
dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi)
dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari
kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model
pembelajaran…
a.
Portofolio
b. Saintifik
c.
Penemuan
d.
Autentik
60. Dalam mengawali
pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu permasalahan guna menggugah
dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut
bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya .
Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan bagian dari model
pembelajaran….
a.
Portofolio
b.
Saintifik
c. Penemuan
d.
Autentik
61. Pak Larso melaksanakan
pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan
dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai
dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing
peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi)
dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model
pembelajaran ….
a. Project based learning
b.
Discovery Learning
c.
Problem Based Learning
d.
Inquiry learning
62. Bu Rumini melaksanakan
pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat,
ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul
berbagai macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model
pembelajaran ….
a.
Project based learning
b.
Inquiry learning
c.
Discovery learning
d. Problem based learning
0 komentar:
Post a Comment