Sunday, March 19, 2023

Management Masjid - Era Revolusi Industri 4.0 di Masjid

 Ada 4 Hal Penting sebagai ciri Era Revolusi Industri 4.0 : 

1. Critical Thingking 

Berpikir kritis adalah analisis fakta, bukti, pengamatan, dan argumen yang tersedia untuk membentuk penilaian.

2. Creativity

Kreativitas adalah fenomena dimana sesuatu yang baru dan berharga terbentuk. Item yang dibuat mungkin tidak berwujud atau objek fisik.

3. Communication

Komunikasi biasanya didefinisikan sebagai transmisi informasi. Istilah ini juga dapat merujuk pada pesan itu sendiri, atau bidang penyelidikan yang mempelajari transmisi ini, juga dikenal sebagai studi komunikasi.

4. Collaboration

Kolaborasi adalah proses dua atau lebih orang, entitas, atau organisasi yang bekerja sama untuk menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan. Kolaborasi mirip dengan kerja sama. Sebagian besar kolaborasi membutuhkan kepemimpinan, meskipun bentuk kepemimpinan dapat bersifat sosial dalam kelompok yang terdesentralisasi dan egaliter.

" Orang Munafik menyadari pentingnya Masjid, karenanya mereka bermaksud mengambil hati umat Islam dengan membangun masjid dengan maksud memecah belah umat Islam " :

QS. At-Taubah Ayat 107-108

Dan (di antara orang-orang munafik itu) ada orang-orang yang mendirikan masjid untuk menimbulkan kemudharatan (pada orang-orang mukmin), untuk kekafiran dan untuk memecah belah antara orang-orang mukmin serta menunggu kedatangan orang-orang yang telah memerangi Allah dan Rasul-Nya sejak dahulu. Mereka Sesungguhnya bersumpah: "Kami tidak menghendaki selain kebaikan". Dan Allah menjadi saksi bahwa sesungguhnya mereka itu adalah pendusta (dalam sumpahnya).
Qs: At-Taubah-ayat-107

Janganlah engkau melaksanakan salat dalam masjid itu selama-lamanya. Sungguh, masjid yang didirikan atas dasar takwa, sejak hari pertama adalah lebih pantas engkau melaksanakan salat di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri.

Qs: At-Taubah-ayat-108





0 komentar:

Post a Comment