Tuesday, September 17, 2024

Contoh Soal PPG Jurusan Bimbingan Konselling (BK) beserta Jawaban dan Penjelasanya

 1. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang guru terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah ...

A. Guru harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah

B. Guru mengetahui cara mengevaluasi pembelajaran dengan media

C. Guru harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut

D. Guru harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah

E. Guru menyesuaikan dengan materi pembelajaran

2. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah ...

A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media berbasis TIK

B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran

C. Semua media pembelajaran sama cara pemanfaatannya

D. Media daat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran

E. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan

3. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan siswa memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah. Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah ...

A. Menampilkan objek yang terlalu besar

B. Menampilkan obyek yang sulit diamati

C. Membuat konkrit konsep yang abstrak

D. Menampilkan objek yang tidak diamati dengan mata telanjang

E. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar

4. Jika guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dengan mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun ( a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru merupakan strategi pembelajaran ...

A. Projek based learning

B. Kontekstual

C. Discovery Learning

D. Problem Based Learning

E. Inquiry Learning



5. Seorang guru melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut merupakan implementasi strategi pembelajaran ...

A. Project based learning

B. Inquiry learning

C. Discovery learning

D. Kooperatif

E. Problem based learning

6. Seorang guru mengajak siswa melakukan kunjungan ke suatu lembaga, namun sesampai dilembaga tersebut belum ada petugas dan narasumber yang melayani. Untuk mengisi kekosongan waktu guru tersebut memulai pembelajaran dengan memilih menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, pertimbangan guru memilih strategi tersebut yaitu ...

A. Waktu belajar cukup banyak

B. Sumber belajar hanya dimiliki pendidik

C. Sedikitnya jumlah guru

D. Ruang kelas yang terbatas

E. Tidak ada sumber belajar dan media pembelajaran


7. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :

1) Penentuan Pertanyaan Mendasar
2) Mendesain Perencanaan Proyek
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule)
4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project)
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome)
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience)

Urutan yang benar adalah ...

A. 1-2-3-4-5-6

B. 1-2-4-3-5-6

C. 1-3-2-4-5-6

D. 1-3-2-5-6-4

E. 1-2-3-5-4-6



8. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!

1) Mengorganisasi siswa dalam belajar
2) Orientasi siswa pada masalah
3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ...

A. 1-2-3-4

B. 1-3-2-4

C. 2-3-1-4

D. 3-2-1-4

E. 2-3-1-4

9. Siswa melakukan kegiatan dengan berpedoman pada langkah-langkah yang telah ditetapkan guru, yaitu mengamati fenomena sosial disekeliling sekolah dan hasil pengamatan ditulis, disusun menjadi laporkan serta didiskusikan bersama guru dan teman sekelas, pilihan strategi yang digunakan ...

A. Discovery

B. Heuristik

C. Pemecahan Masalah

D. Belajar Aktif

E. Projek Based Learning

10. Seorang guru ingin membelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif. Maka urutan tahapan yang tepat pada model pembelajaran kooperatif adalah ...

A. Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok

B. Kuis, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, orientasi

C. Kuis, bekerja kelompok, orientasi, penghargaan kelompok

D. Orientasi, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, kuis

E. Orientasi, pengamatan, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok

11. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode  dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogik pada aspek ...

A. Penguasaan terhadap karakteristik peserta didik

B. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran

C. Pengembangan kurikulum

D. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik

E. Berkomunikasi pada peserta didik

12. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah ...

A. Behaviorisme

B. Kognitif

C. Humanistik

D. Sibernetik

E. Kontruktivisme

13. Di dalam proses pembelajaran, para sidwa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar ...

A. Sibernetik

B. Kognitif

C. Humannistik

D. Behaviorisme

E. konstruktivisme

14. Seorang KONSELOR yang mengembangkan tujuan pembelajaran untuk menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam ...

A. Silabus

B. RPL

C. Silabus dan RPL

D. SKL

E. Lembar penilaian

15. Dalam mempersiapkan pembelajaran seorang guru akan selalu bertemu dengan istilah silabus dan RPP. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut ...

A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan RPP mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar

B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satuan pendidikan

E. Dalam silabus dijelaskan metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi secara rinci

16. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah ...

A. Role Playing

B. Inquiry

C. Problem Solving

D. Picture and Picture

E. Kontekstual

17. Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembalu materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan ...

A. Memberikan acuan

B. Melaksanakan tes awal

C. Memberikan bimbingan

D. Membuat kaitan

E. Meningkatkan motivasi

18. Seorang guru menjumpai kebiasaan belajar yang kurang tepat yang dilakukan oleh salah seorang siswa-nya sehingga kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Langkah awal yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar demikian yaitu ...

A. Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar

B. Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa di dalam kelas

C. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional

D. Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran

E. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal

19. Faktor yang penting dipertimbangkan oleh seorang guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah pada proses pembelajaran adalah ...

A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi

B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan

C. Jumlah peserta didik yang mengikuti pembelajaran

D. Motivasi belajar siswa

E. Ruang yang tersedia

20. Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi belajar rendah karena ...

A. Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap

B. Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bermain

C. Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua

D. Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa

E. Siswa cenderung lebih suka belajar dalam kelompok

21. Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya, maka rumusan indikator yang bisa dikembangkan guru pada tingkatan kognitig mencipta (C6) yang tepat adalah ...

A. Mengelompokkan bahan alam dari tanaman pandan untuk produk karya seni rupa

B. Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa

C. Menjelaskan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa

D. Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk karya seni rupa

E. Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan

22. Bimbingan dan konseling melayani semua individu tanpa memandang umur, jenis kelamin, suku, agama, dan stasus sosial ekonomi.

A. Prinsip-prinsip berkenaan dengan permasalahan individu

B. Prinsi-prinsip berkenaan dengan sasaran layanan                                                            

C. Prinsip-prinsip berkenaan dengan program pelayanan

D. Prinsip-prinsip berkenaan dengan tujuan pelaksanaan Pelayanan

 

23. Asas bimbingan dan konseling yang menghendaki agar peserta didik (konseli) yang menjadi sasaran layanan berpartisipasi secara aktif di dalam penyelenggaraan layanan/kegiatan bimbingan dan konseling.

A. Asas kemandirian

B. Asas kekiknian                                                                                                                  

C. Asas kegiatan

D. asas keterbukaan

 

24. Bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami, menilai, dan mengembangkan potensi dan kecakapan, bakat dan minat, serta kondisi sesuai dengan karakteristik kepribadian dan kebutuhan dirinya secara realistik.

A. Bidang pengembangan kehidupan pribadi

B. Bidang pengembangan kehidupan sosial

C. Bidang pengembangan kemampuan belajar                                                                      

D. Bidang pengembangan karir

 

25. Membantu peserta didik memahami lingkungan baru, terutama lingkungan sekolah/madrasah dan obyek-obyek yang dipelajari, untuk menyesuaikan diri serta mempermudah dan memperlancar peran peserta didik di lingkungan yang baru.

A. Layanan informasi

B. Layanan orientasi

C. Layanan penempatan penyaluran                                                                                      

D. Layanan Penguasaan konten

 

26. Tujuan layanan informasi terkait dengan fungsi-fungsi yang paling dominan dan paling langsung diemban layanan informasi.

A. fungsi pemahaman

B. fungsi pencegahan                                                                                                            

C. fungsi pengetasan

D. fungsi advokasi

 

27. Pemimpin kelompok menjelaskan apa yang akan dilakukan oleh anggota kelompok pada tahap kegiatan lebih lanjut dalam kegiatan kelompok.

A. Tahap pembentukan

B. Tahap peralihan

C. Tahap kegiatan                                                                                                                   

D. Tahap pengakhiran


28. Menguasai landasan budaya dalam praksis pendidikan bagian dari kompetensi :

A. Menguasai teori dan praksis pendidikan

B. Mengaplikasikan perkembangan fisiologis dan psikologis serta perilaku konseli

C. Menguasai esensi pelayanan bimbingan dan konseling dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikan                                                                                                                   

D. Mengimplementasikan kolaborasi intern di tempat bekerja

 

29. Menampilkan toleransi tinggi terhadap konseli yang menghadapi stres dan frustasi bagian dari kompetensi:

A. Pedagogik                          C. sosial

B. Kepribadian                        D. Profesional                                                                                                                                    

30. Menampilkan kinerja berkualitas tinggi:

A. Kompetensi pedagogik                  C. Kompetensi sosial                                                  

B. Kompetensi kepribadian                 D. Kompetensi profesional                                        

 

31. Mempertahankan objektivitas dan menjaga agar tidak larut dengan masalah konseli

A. Kompetensi pedagogik                  C. Kompetensi sosial                                              

B. Kompetensi kepribadian                 D. Kompetensi proesional                  

32. Jika seorang siswa menangis karena mendapat menstruasi yang pertama, berarti siswa tersebut mengalami masalah akibat perkembangan:

a. Psikhis                     c. Emosi                                                                                            

b. Fisik                        d. Sosial

 

33.  Akibat perubahan fisik pada remaja termasuk tanda perubahan :

a. Sekunder                 c. Tertier                                                                                             

b. Primer                      d. Sampingan

 

34. Perubahan fisik pada remaja dapat menyebabkan perilaku, kecuali:

a. Percaya diri                          c. Emosional                                                                        

b. Canggung                            d. Mengisolasi Diri

 

35. Akibat dari perbahan fisik primer yaitu remaja wanita mengalami menstruasi dan remaja pria mengalami mimpi basah, mengakibatkan perkembangan sosial:

a. Mogok makan                     c. Gelisah

b. Malas belajar                       d. Tertarik pada lawan jenis.                                                

 

36. Keadaan fisik yang dimiliki individu yang kemungkinan dapat menimbulkan masalah adalah:

a. Sering marah                                               c. Kesakitan saat menstruasi                        

b. Melanggar tata tertib sekolah                      d. Rendah diri.

 

37. Remaja cenderung memilih teman yang memiliki kualitas relatif sama dengan dirinya merupakan salah satu ciri dari perkembangan:

a. Mental                     c. Nilai                                                                                              

b. Sosial                       d. Emosi

 

38. Salah satu karakteristik penyesuaian sosial remaja dengan lingkungan keluarga adalah:

a. Hormat dan patuh pada guru                       c. Menerima norma orang tua                     

b. Mentaati peraturan sekolah                         d. Menjalin persahabatan

 

39. Contoh sifat defensif remaja sebagai upaya melindungi kelemahan diri secara agresif adalah:

a. Melamun                             c. Menyendiri                                                                      

b. Menarik diri                        d. Berkelahi

 

40. Memahami remaja dengan mengamati perubahan fisik seperti mata melotot karena marah, adalah salah satu pemahaman dari perkembangan   :

a. Moral                                   c. Emosi                                                                               

b. Kepribadian                         d. Sosial

 

41. Ciri emosi remaja usia 12 – 15 tahun antara lain:

a. Sering melamun

b. Bertingkah laku kasar untuk menutupi rasa kurang percaya diri                                    

c. Konflik dengan orang tua

d. Memberontak

 

42.  Belajar dengan cara mencoba-coba mengekspresikan emosi dalam bentuk perilaku dikenal dengan istilah:

a. Belajar dengan mencoba-coba                                c. Belajar dengan identifikasi

b. Belajar dengan meniru                                            d. Belajar dengan pengkondisian 

 

43. Tahap remaja mulai menggunakan keterampilan dan kemampuan pribadi sebagai pertibangan dalam melakukan pilihan karir disebut tahap:

a. Nilai                                    c. Transisi                                                                          

b. Kapasitas                            d. Minat

 

44. Salah satu alasan pentingnya pelayanan bimbingan dan konseling di Taman Kanak-kanak adalah :

a. Anak usia Taman Kanak-kanak berada dalam masa peka sehingga harus dikembangkan.

b. Perkembangan di Taman Kanak-kanak akan berpengaruh pada perkembangan selanjutnya, dimana perkembangan di Sekolah Dasar sangat ditentukan oleh bagaimana keberhasilan anak melampui masa sekolahnya di Taman Kanak-kanak                                              

c. Setiap individu pasti membutuhkan bimbingan dan konseling termasuk siswa Taman Kanak-kanak

d. Individu usia Taman Kanak-kanak belum bisa mandiri, sehingga perlu mendapatkan bantuan pelayanan bimbingan dan konseling

.

45. Salah satu fungsi pelayanan bimbingan dan konseling adalah pemahaman. Berikut adalah yang tidak termasuk fungsi pemahaman :

a. Pemahaman diri anak didik terutama oleh orang tua dan guru.

b. Pemahaman lingkungan anak didik yang mencakup lingkungan keluarga dan sekolah terutama oleh orang tua, guru dan pembimbing.                                                                

c. Pemahaman cara-cara penyesuaian dan pengembangan diri.

d. Pemahaman tentang persepsi orang lain terhadap diri individu

 

46. Pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami, menilai, dan mengembangkan potensi dan kecakapan, bakat dan minat, serta kondisi sesuai dengan karakteristik kepribadian dan kebutuhan dirinya secara realistik. Pelayanan bimbingan dan konseling tersebut masuk

dalam bidang :

a. Kehidupan pribadi                           c. Pemahaman diri                                                   

b. Kehidupan sosial                             d. Kemampuan belajar

 

47. Perbedaan karakteristik perkembangan peserta didik pada setiap jenjang pendidikan disebabkan :

a. Rentangan usia                                c. Tahap perkembangan                                           

b. Kematangan diri                              d. Ketercapaian tugas perkembangan

 

48. Salah satu alasan pentingnya pelayanan bimbingan dan konseling pada satuan jalur pendidikan nonformal adalah :

a. Bervariasinya usia warga belajar

b. Setiap individu tidak dapat berdiri sendiri, sehingga perlu bantuan orang lain.               

c. Kecenderungan masalah yang dihadapi warga belajar pendidikan nonformal lebih banyak muncul.

d. Individu yang belajar pada jalur pendidikan nonformal pasti bermasalah

 

49. Pelayanan yang membantu warga belajar mengembangkan kemampuan belajar dalam rangka mengikuti pendidikan sekolah dan belajar secara mandiri. Pelayanan bimbingan dan konseling tersebut masuk dalam bidang :

a. Kehidupan pribad    i           c. Pemahaman diri

b. Kehidupan sosial                 d. Kemampuan belajar                                                           

 

50. Berikut salah satu yang bukan termasuk prinsip pelayanan bimbingan dan konseling pada acuan jalur pendidikan nonformal adalah :

a. Bimbingan dan konseling diperuntukkan bagi semua warga belajar.

b. Bimbingan dan konseling sebagai proses sosialisasi                                                        

c. Bimbingan dan konseling menekankan hal yang positif

d. Bimbingan dan konseling merupakan usaha bersama






=====================================================================================




 

Berikut adalah jawaban dan penjelasan dari setiap soal yang Anda berikan:

  1. C. Guru harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.

    • Penjelasan: Untuk memilih media yang tepat, guru perlu memahami karakteristik media tersebut agar sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan mampu meningkatkan pemahaman siswa.
  2. D. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran.

    • Penjelasan: Media pembelajaran berfungsi untuk menyampaikan informasi atau pesan kepada siswa, bukan hanya media berbasis TIK yang selalu terbaik.
  3. C. Membuat konkrit konsep yang abstrak.

    • Penjelasan: Media seperti gambar atau video membantu siswa memahami konsep yang sulit dan abstrak dengan menjadikannya lebih nyata.
  4. D. Problem Based Learning.

    • Penjelasan: Strategi ini melibatkan pengumpulan dan integrasi pengetahuan baru dengan memecahkan masalah, yang merupakan inti dari pembelajaran berbasis masalah.
  5. D. Kooperatif.

    • Penjelasan: Strategi pembelajaran kooperatif melibatkan kolaborasi antar siswa untuk saling berbagi pendapat dan ide, mendorong diskusi yang produktif.
  6. E. Tidak ada sumber belajar dan media pembelajaran.

    • Penjelasan: Ketika tidak ada sumber atau media, guru memilih strategi ekspositori untuk menyampaikan informasi langsung kepada siswa.
  7. A. 1-2-3-4-5-6.

    • Penjelasan: Urutan langkah dalam project based learning dimulai dari pertanyaan mendasar, perencanaan, jadwal, monitoring, hingga evaluasi.
  8. C. 2-3-1-4.

    • Penjelasan: Dalam problem based learning, urutan yang tepat adalah orientasi pada masalah, membimbing penyelidikan, mengorganisasi siswa, dan mengembangkan hasil.
  9. A. Discovery.

    • Penjelasan: Strategi discovery melibatkan eksplorasi aktif siswa terhadap fenomena dan pembelajaran berbasis pengalaman.
  10. A. Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok.

    • Penjelasan: Ini adalah urutan yang tepat dalam model pembelajaran kooperatif, dimulai dengan orientasi dan diakhiri dengan penghargaan kelompok.
  11. D. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik.

    • Penjelasan: Kompetensi inti pedagogik berkaitan dengan cara guru menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik dan efektif.
  12. A. Behaviorisme.

    • Penjelasan: Teori behaviorisme berfokus pada hubungan antara stimulus dan respons yang dapat diamati, sesuai dengan definisi yang diberikan.
  13. E. Konstruktivisme.

    • Penjelasan: Konstruktivisme menekankan proses penemuan dan pembelajaran aktif, di mana siswa membangun pengetahuan melalui pengalaman.
  14. A. Silabus.

    • Penjelasan: Silabus menggambarkan tujuan pembelajaran dan proses yang diharapkan dicapai oleh peserta didik.
  15. A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan RPP mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar.

    • Penjelasan: Silabus bersifat umum, sedangkan RPP lebih terperinci tentang bagaimana mencapai tujuan tersebut.
  16. C. Problem Solving.

    • Penjelasan: Model pembelajaran problem solving mengedepankan kreativitas dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.
  17. B. Melaksanakan tes awal.

    • Penjelasan: Kegiatan mengingat kembali materi sebelumnya merupakan bagian dari tes awal untuk mengevaluasi pemahaman siswa.
  18. A. Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar.

    • Penjelasan: Langkah ini membantu siswa menyadari pentingnya perubahan dalam kebiasaan belajarnya.
  19. B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan.

    • Penjelasan: Rumusan masalah yang jelas sangat penting dalam diskusi pemecahan masalah agar fokus dan efektif.
  20. D. Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa.

    • Penjelasan: Penghargaan terhadap perbedaan individu penting untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar.
  21. E. Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan.

    • Penjelasan: Ini adalah indikator tingkat kognitif tertinggi (C6) di mana siswa mencipta berdasarkan kompetensi dasar yang diberikan.
  22. B. Prinsip-prinsip berkenaan dengan sasaran layanan.

    • Penjelasan: Layanan bimbingan dan konseling ditujukan untuk semua individu tanpa memandang latar belakang.
  23. A. Asas kemandirian.

    • Penjelasan: Asas ini mendorong partisipasi aktif siswa dalam kegiatan bimbingan dan konseling.
  24. A. Bidang pengembangan kehidupan pribadi.

    • Penjelasan: Pelayanan ini fokus pada pemahaman dan pengembangan potensi individu.
  25. B. Layanan orientasi.

    • Penjelasan: Layanan ini membantu peserta didik beradaptasi dengan lingkungan baru, terutama di sekolah.
  26. A. Fungsi pemahaman.

    • Penjelasan: Layanan informasi bertujuan memberikan pemahaman tentang berbagai aspek yang relevan dengan peserta didik.
  27. C. Tahap kegiatan.

    • Penjelasan: Pada tahap kegiatan, pemimpin kelompok menjelaskan tugas dan langkah-langkah yang harus dilakukan anggota.
  28. C. Menguasai esensi pelayanan bimbingan dan konseling dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikan.

    • Penjelasan: Kompetensi ini mencakup pemahaman tentang praktik bimbingan dan konseling yang sesuai.
  29. C. Sosial.

    • Penjelasan: Menampilkan toleransi tinggi adalah aspek kompetensi sosial yang penting bagi konselor.
  30. D. Kompetensi profesional.

    • Penjelasan: Kinerja berkualitas tinggi mencerminkan tingkat profesionalisme dalam praktik.
  31. D. Kompetensi profesional.

    • Penjelasan: Menjaga objektivitas adalah bagian dari etika profesional seorang konselor.
  32. C. Emosi.

    • Penjelasan: Menangis akibat menstruasi menunjukkan reaksi emosional terhadap perubahan fisik.
  33. A. Sekunder.

    • Penjelasan: Perubahan fisik sekunder meliputi perubahan yang muncul selama masa remaja, seperti pertumbuhan dan perkembangan seksual.
  34. A. Percaya diri.

    • Penjelasan: Perubahan fisik pada remaja seringkali mempengaruhi kepercayaan diri, namun bisa juga mengakibatkan kecanggungan.
  35. D. Tertarik pada lawan jenis.

    • Penjelasan: Perubahan fisik primer mendorong remaja untuk mengembangkan minat terhadap lawan jenis.
  36. C. Kesakitan saat menstruasi.

    • Penjelasan: Kesakitan fisik dapat menjadi masalah yang memengaruhi kesejahteraan individu.
  37. B. Sosial.

    • Penjelasan: Memilih teman dengan kualitas serupa menunjukkan perkembangan sosial remaja.
  38. C. Menerima norma orang tua.

    • Penjelasan: Penyesuaian sosial mencakup penerimaan norma-norma yang diajarkan oleh orang tua.
  39. D. Berkelahi.

    • Penjelasan: Berkelahi adalah contoh defensif sebagai cara untuk melindungi diri dari kelemahan.
  40. C. Emosi.

    • Penjelasan: Perubahan fisik yang mencolok dapat mencerminkan emosi yang dirasakan individu.
  41. B. Bertingkah laku kasar untuk menutupi rasa kurang percaya diri.

    • Penjelasan: Ini adalah perilaku yang sering muncul pada remaja sebagai bentuk penyesuaian emosi.
  42. A. Belajar dengan mencoba-coba.

    • Penjelasan: Mengungkapkan emosi melalui perilaku sering kali terjadi melalui eksplorasi dan pengalaman.
  43. C. Transisi.

    • Penjelasan: Tahap transisi adalah saat remaja mulai menggunakan keterampilan untuk membuat keputusan tentang karir.
  44. B. Perkembangan di Taman Kanak-kanak akan berpengaruh pada perkembangan selanjutnya.

    • Penjelasan: Pendidikan di Taman Kanak-kanak adalah fondasi penting untuk perkembangan di tahap berikutnya.
  45. D. Pemahaman tentang persepsi orang lain terhadap diri individu.

    • Penjelasan: Ini bukan fungsi pemahaman yang terkait langsung dengan pengembangan individu.
  46. D. Kemampuan belajar.

    • Penjelasan: Pelayanan ini bertujuan untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan belajar.
  47. A. Rentangan usia.

    • Penjelasan: Perbedaan rentangan usia berkontribusi pada perbedaan perkembangan di berbagai jenjang pendidikan.
  48. C. Kecenderungan masalah yang dihadapi warga belajar pendidikan nonformal lebih banyak muncul.

    • Penjelasan: Pendidikan nonformal sering kali dihadapkan pada masalah yang beragam, sehingga layanan konseling menjadi penting.
  49. D. Kemampuan belajar.

    • Penjelasan: Pelayanan ini bertujuan untuk membantu pengembangan kemampuan belajar warga belajar.
  50. B. Bimbingan dan konseling untuk peserta didik.

    • Penjelasan: Layanan ini penting untuk membantu peserta didik mengatasi masalah yang dihadapi.

 

0 komentar:

Post a Comment