Monday, August 10, 2020

TEKNIK ANIMASI TWEENING 2D- Mengenal Objek


TEKNIK ANIMASI TWEENING 2D

Sebelum masuk pada pembahasan materi , kita ketahui terlebih dahulu pada materi yang akan dibahas ada 2 (dua) hal, yaitu tentang teknik membuat gambar objek dan penerapan teknik animasi tweening.
Itulah yang harus dicapai oleh siswa pada materi ini.

Mengenal Objek

Apa itu Objek?

Kata objek sendiri yang tertuang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) tergantung pada spesifikasinya. 

Sebagai contoh objek alam, objek wisata, objek budaya, dan lain sebagainya. Oleh karena itu pada pembahasan ini kata objek yang digunakan adalah objek material.

Objek material dalam KKBI adalah benda atau hal yang menjadi objek atau bidang ilmu.

Dalam pembuatan animasi pada pembahasan materi sebelumnya dapat berupa suara, teks dan gambar yang bisa digunakan untuk mengontrol movie.

Dalam pembuatan objek, kita bisa membuatnya langsung menggunakan Adobe Flash yang sekarang telah berganti nama menjadi Adobe Animate maupun apalikasi lainnya seperti Adobe Ilustrator, CorelDraw dan lain sebagainya.

Sebagai contoh disini adalah membuat orang sedang berjalan. Tentu kita semua tahu yang terdapat pada tubuh manusia (yang terlihat) tentuya merupakan bagian yang penting seperti kepala, tangan, badan dan kaki.


Bagian-bagian tubuh tersebut harus dibuat secara terpisah. Tangan kanan dan tangan kiri harus dibuat secara terpisah begitu pula dengan kaki.


Pada masing-masing bagian tubuh yang telah dibuat bisa diletakkan pada masing-masing layer dan disusun menjadi satu kesatuan sehingga membentuk tubuh yang utuh.

Dalam membuat objek tersebut dapat memanfaatkan fungsi Brush Tool (atau tekan huruf B di keyboard).
Untuk lebih jelasnya pembuatan objek sederhana baik di Adobe Flash maupun di CorelDraw nanti akan admin buatkan tutorialnya.

Membuat Animasi Tweening

Apa Itu Tweening?

Membuat pergerakan animasi dengan memberikan perubahan posisi maupun bentuk dengan menentukan kunci frame (keyframe) awal dan akhir sehingga membentuk frame-frame yang baru.

Fungsi Tweening adalah menggerakkan objek dari satu titik ke titik lainnya.

Dalam menggerakkan benda dapt menggunakan fasilitas Create Motion Tween, Create Shape Tween atau Create Classic Tween.

Pada dasarnya penggunaan Tween dapat menghemat waktu bagi seorang animator, karena tidak perlu membuat perubahan objek secara rinci. Dengan menggunakan Tween seorang animator cukup dengan memberi kunci gambar pada frame awal dan frame akhir. Seperti contoh di bawah ini.

Seperti pada contoh gambar di bawah ini, menggambarkan perubahan objek dan posisi objek setelah menggunakan Create Shape Tweening.



Pada contoh gambar di atas menunjukkan pergerakan sekaligus perubahan pada sebuah objek. Kunci pergerakan objek tersebut terdapat pada frame 1 dan frame 30.

Diantara frame 1 dan frame 30 merupakan gambaran perubahan objek pertama ke objek berikutnya

Perhatikan dengan seksama pada gambar di bawah ini.


Layer

Dalam pergerakan animasi merupakan sekumpulan frame-frame yang terdapat pada layer. Setiap frame digunakan untuk menempatkan sebuah objek.

Untuk melakukan perubahan atau pergerakan setiap objek dapat menggunakan perintah Insert Frame, Insert Keyframe atau pun Insert Blank Keyframe

Penugasan pada Mic Teams.





  1. Sumber : pendidikansmk79.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment