Thursday, October 1, 2020

BAGI YG SEDANG MENJALANKAN BISNIS / BELUM PUNYA BISNIS, YUK KITA EVALUASI

 *BAGI YG SEDANG MENJALANKAN BISNIS / BELUM PUNYA BISNIS, YUK KITA EVALUASI* 🙋‍♂️🙋‍♂️🙋‍♂️🙋‍♂️


1. Jangan produksi dulu.


Memulai bisnis, jgn berpikir utk memproduksi dulu. Karena ada byk modal yg terbuang jika tak laku. Contoh : bikin krupuk, lalu krupuknya dititipkan ke warung2. Ini  kurang tepat. Margin laba ga seberapa, resiko iya.


2. Produk bukan musiman


Usahakan punya bisnis yg produknya tdk musiman, artinya produk tsb dibutuhkan sepanjang zaman. 



3. Modal kecil tapi margin besar. 


Jangan smp kebalik, modal besar tapi margin keuntungan kecil. Bisnis itu orientasinya mmg laba. Bukan sosial. Dg kata lain, bisnis kita hrs benar2 menguntungkan biar ga dpt capek nya saja. 


4. Bisa dibikin pasukan penjualan. 


Dari produk yg kita jual, itu bisa kita buat jaringan diatributor - agen - reseller - konsumen. Klo kita hanya bermain produsen lgsg ke konsumen, bs ditebak, pasti kita dpt capek nya saja! 


Coba perhatikan perkalian berikut : 


1 x 100.000.000 = 100juta


10 x 10.000.000 = 100juta 


100 × 1.000.000 = 100juta. 


Dalam bisnis sama2 dpt 100juta, tapi pasti lbh mudah yg 100×1 juta, karena kita punya pasukan penjualan 100 orang. 


5. Sebaran market


Produk teman2 klo hny bermain di area terbatas, maka otomatis omset jg terbatas. Tp klo main skala nasional, maka omset bs berpuluh kali lipat. 


6. Bisa Go Online.


Skrg itu semua serba online. Jika produk kita tdk bs dipasarkan secara online, maka layak utk dievaluasi. jika kita tak mau online, ya sdh siap2 kelibas jaman, makin ketinggalan. 


7. Kecil, tahan lama, tdk makan tempat, hemat ongkir


Tdk hny bs go online, tp juga pikirkan biaya ongkirnya. Krn konsumen ga mau bayar ongkir lbh mahal dr harga produknya.


8. Repeat order tinggi


Coba deh perhatikan, kira2 klo kita jual kasur ke seseorang, orang tsb kira2 beli lagi kapan? 😊 lama bukan?  klo produk yg kita jual itu termasuk repeat order tinggi, boleh dipertahankan. Tp ingat, hrs satu kesatuan dg margin laba juga. 


9. Punya mentor bisnis apa otodidak? 


Percaya saya! Orang yg punya mentor bisnis itu lbh cepat berkembang bisnisnya ketimbang yg asal asalan. Mentor itu tahu, krn dia sdh alami duluan. Ibarat tour guide, maka kita akan lbh cpt smp ke tujuan. 


10. Di endorse ratusan artis/tokoh ternama atau tdk. 


Produk yg teman2 jual saat ini, diendorse sama ratusan artis tdk? Produk yg memakai duta artis2 akan lbh cepat berkembang dan mendapatkan kepercayaan dr pelanggan kita. Ini termasuk salah satu strategi marketing yg dahsyat. 


Pakai jasa artis kan mahal? 😊 makanya jual produk yg dibantu para artis tapi kita nggak bayar mereka! memang ada? beneran ada! 


10 item ini coba teman2 hadapkan pd bisnis yg saat ini dijalani. Jgn gengsi utk evaluasi. Pandemi ini diperkirakan masih beberapa tahub lagi, meski kita terus berharap tidak demikian. 


intinya sbg pelaku bisnis harus jeli membaca situasi. Jika hasilnya kurang prospektif, segera ganti bisnis! "Maaf pak, sy blm punya bisnis!" Ya sdh segera bisnis bareng sy dan pak Ippho, jgn nunggu di PHK baru sadar 😉


Silahkan teman2 segera bergabung bersama Sy dan Pak Ippho Santosa di BP institut. 10 item diatas akan teman2 dapatkan dg mudah. Insya Allah mencetak profit 10-100juta/bulan mudah sekali. Karena kami konsen utk menaikan income para pelaku UMKM  naik 3-5 kali lipat. 


ilmunya 1000℅ mudah sekali utk dipraktekan dan ada garansi kegagalan 100℅ ditanggung pak Ippho. Kurang apa lagi? 😊


Mau? 😊

0 komentar:

Post a Comment