Sunday, October 11, 2020

Mental Juara Oleh Ikhwanul Hakim

 *Mental Juara*



Seorang pemenang pasti memiliki sikap mental sebagai pemenang. Sikap mental inilah yang menyebabkan mereka meraih kemenangan sementara yang lain meraih kegagalan dan menjadi pecundang. 




Untuk meraih kemenangan bukan perkara yang mudah. Dibutuhkan kerja keras dan orang-orang yang kuat dalam menghadapi tantangan dan ujian yang menghadang. Oleh karena itu mereka yang menang adalah yang memiliki mental sebagai pemenang.


Nah, ada beberapa ciri untuk mengukur apakah di dalam diri kita ada atau tidak mental juara.


*1. Memiliki tujuan dan orientasi*. Ciri orang yang memiliki mental juara adalah memiliki tujuan-tujuan yang jelas, tentang apa yang akan dicapai dan mengenali bagaimana cara untuk mencapai apa yang menjadi tujuan hidupnya.


*2. Motivasi dan daya juang*. Orang yang memiliki mental juara adalah memiliki motivasi dan daya juang. Motivasi adalah spirit atau dorongan jiwa yang kuat untuk mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan.


*3. Tidak takut gagal*. Mental juara adalah siap menerima apapun, termasuk kegagalan.


*4. Mampu mengelola tekanan*. Orang yang memiliki mental juara adalah mampu mengolah tekanan. Maksudnya, seorang akan bisa mengeluarkan seluruh kemampuannya, apabila bisa mengelola tekanan-tekanan yang datang kepadanya.


*5. Berdoa dan Bertawakal*. Orang yang memiliki mental juara adalah membiasakan berdoa sebelum melakukan segala sesuatu. Orang yang memiliki mental juara tahu bahwa sebetulnya ada kekuatan di luar dirinya yang tidak bisa ditaklukan, yakni kekuasaan Allah. 


Sehebat apa pun rencana kita atau sekuat apa pun kekuatan kita tetap tidak akan bisa menandingi kekuatan dan kekuasaan Allah. Dan sebagus-bagusnya rencana kita, belum tentu sesuai dengan rencana Allah. Perlu yang namanya sabar, baik sangka, dan tawakal. Minimal amal perbuatan kita telah dicatat Allah. Aamiin


Sekian dari saya, Ikhwanul Hakim.


Teman-teman *JANGAN LUPA* yaa, untuk *ABSEN* di *FB* dan *IG* Founder kita dengan cara like dan comment, serta di review tulisan ini setiap harinya untuk latihan menulis teman-teman. Terimakasih


Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Post a Comment