Tuesday, March 19, 2019

Airlink Wireless Link Calculator

Airlink Wireless Link Calculator

Banyak yang bertanya apa itu Wirelless Link Calculator ??Bagi anak Jaringan / Teknik Komputer dan Jaringan Mungkin istilah ini tidak asing lagi tetapi apa dan seperti apa banyak yang belum tahu. nah untuk itu berikut ini sedikit penjelasan tetang Wirelless Link Calculator . 
Airlink Wireless Link Calculator adalah sebuah aplikasi dari Ubiquity yang di gunakan untuk melakukan pengukuran Jarak Wireless Outdoor dimana di gunakan untuk keperluan instalasi perangkat wireless outdoor dalam jarak yang lumayan jauh. penggunaan aplikasi ini sangat mudah dan tidak begitu sulit seperti aplikasi Radio Mobile.
Berikut panduan cara menggunakan Airlink Wireless Link Calculator :
1. Masuk ke alamat web : airlink.ubnt.com

 2. Lihat pada gambar di bawah ini adalah contoh penerapan menggunakan aplikasi tersebut , untuk lebih detailnya saya jelaskan di bawah , untuk cara menggunakannya cukup mudah tinggal drag and drop sesuai kordinat lokasi  :

  • Logo Warna Biru Tua sebelah kiri : adalah sisi AP atau sisi pemancar dalam bahasa sederhananya
  • Logo Warna Unggu sebelah kanan : adalah sisi Station atau sisi klien penerima dalam bahasa sederhananya
  • Gambar Kanan Link Simulator : adalah hasil dari pengukuran jarak antara sisi BTS ( AP ) dengan Klien ( Penerima ) yang di ukur bedasarkan ketinggian dari tanah , jadi Penting !! bahwa tinggi bangunan tidak masuk sehingga di butuhkan survey atau melihat langsung di tempat apakah ada halangan atau tidak , pada tahap selanjutnya nanti kita akan belajar memasukan nilai ketinggian di setiap titik.
3. Pada point kali ini hal yang sangat penting !! nilai ketinggian di setiap titik. baik titik AP ( BTS ) atau sisi Klien ( Penerima ). karena ini nanti berkaitan hasil dari Link Simulator . Terus pasti ada yang tanya untuk parameter lainnya bagaimana ? jadi intinya begini , hal paling penting adalah hasil Link Simulator dan pengamatan langsung di lokasi apakah ada halangan atau tidak , setelah itu pelajari setiap merk perangkat yang akan di gunakan berapa powernya dan kekuatan gain antenanya paham ?

0 komentar:

Post a Comment