Saturday, March 9, 2019

Xiomi Sinyal 4G Hilang ini sebabnya.

Sinyal 4G hilang setelah upgrade sistem MIUI kenapa ya???
Mungkin masih banyak yang belum tahu mengapa hal ini bisa terjadi. Bagi anda yang belum tahu hal ini terjadi karena adanya peraturan pemerintah Indonesia yaitu TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri)

Maksud dari TKDN adalah produk handphone dari luar negeri yang sudah support jaringan 4g LTE agar bisa di pasarkan di indonesia untuk TKDN nya harus mencakup minimal 30%. 

Ini maksudnya kandungan atau isi di dalam handphone tersebut yaitu spare parts, software dan lain sebagainya, setidaknya 30% adalah produk dalam negeri. 

Pihak xiaomi belum bisa memenuhi hal ini, maka dari itu mereka memilih untuk tidak memasarkan lagi produk handphone yang sudah mendukung jaringan 4g buatan mereka di Indonesia.

Namun sekarang ada beberapa tipe dari handphone xiaomi support 4g yang sudah beredar resmi di indonesia karena sudah memenuhi peraturan TKDN tersebut. 

Jadi untuk handphone 4g termasuk tipe redmi ini yang sudah dipasarkan di Indonesia dan sudah di upgrade ke rom MIUI 8 atau rom MIUI 9 sudah di pastikan sulit atau tidak bisa memilih jaringan 4g only.

Di karena pengaturan jaringan 4g pada handphone tersebut di hilangkan. Dan kalau pun ada handphone 4g produk xiaomi yang masuk di pasarkan di Indonesia saat ini adalah garansi distributor, bukan garansi resmi.

Pihak distributor menyiasati tentang hal peraturan TKDN dengan membuang atau menghilangkan jaringan 4g pada handphone tersebut. sehingga hanya ada jaringan 3g dan 2g saja. 
Cara Mengembalikan Jaringan 4g Yang Hilang Pada Handphone XIAOMI 

Cara berikut ini bisa berlaku untuk semua tipe handphone xiaomi  khususnya redmi 3, redmi 3s, redmi 3x dan mungkin ada salah satu cara yang tidak bisa berlaku di semua tipe handphone xiaomi.

Secara global hal ini bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara sementara dan dengan cara yang permanen. 


Berikut ini adalah cara sementara untuk mengembalikan jaringan 4g handphone xiaomi khususnya redmi 3, redmi 3s dan redmi 3x :


  • Ubah jaringan ke 4g only

    • Hidupkan data seluler
    • Buka pengaturan, pilih pengaturan tentang ponsel (about phone) lalu tekan 5x berturut-turut pada tulisan penyimpan internal maka anda akan masuk ke pengaturan informasi telepon




    • pilih informasi telepon 1, lalu pilih jaringan LTE only




    • Sekarang coba anda lihat di status sinyal jaringan operator apakah sudah di jaringan 4g. Jika sudah stabil di jaringan 4g atau sinyal tidak hilang / kembali lagi ke jaringan 3g,berarti cara ini berhasil. 

      Jika masih belum stabil mari lanjut ke cara kedua


  • Ubah pengaturan lokasi telepon

    • Tugas anda sekarang kembali lagi ke pengaturan handphone. lalu ubah pengaturan lokasi selain Indonesia.
    • Lalu anda pergi ke pengaturan waktu, matikan atau nonaktifkan zona waktu otomatis dan zona waktu berdasarkan jaringan
    • restart handphone
    • Setelah handphone menyala ulangi cara yang pertama tadi yaitu ubah jaringan 4g only
    • Jika langkah kedua ini belum juga berhasil atau jaringan 4g nya tidak mau stabil di handphone xiaomi milik anda, mari kita lanjutkan ke cara ketiga
    • Downgrade versi MIUI ke MIUI 7


      Ini adalah cara terakhir dan di katakan cara permanen. Dan menurut saya inilah cara yang paling tepat. 

      Karena sudah terbukti redmi 3s milik saya sangat lancar menggunakan jaringan 4g LTE. Karena pada rom atau firmware MIUI 7 ini ibarat kata jaringan 4g nya belum di kunci. 

      Jadi walaupun kita tinggal di indonesia namun masih bisa menikmati kecepatan jaringan 4g lewat handphone xiaomi ini.

      Untuk downgrade MIUI xiaomi ini caranya harus melalui flash. Dan untuk cara flashing nya nanti akan saya jelaskan di artikel berikutnya

0 komentar:

Post a Comment