Wednesday, September 15, 2021

Pedagogi Pembelajaran 3 : Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

 KOMPETENSI

Pembelajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi ini dikembangkan dengan tujuan mengembangkan kompetensi calon guru PPPK sehingga mampu mengembangkan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

 

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Setelah mempelajari materi 3 tentang keterampilan aberpikir tingkat tinggi, diharapkan Anda mampu: 

  1. Guru mampu menjelaskan konsep HOTS;
  2. Guru mampu merancang pembelajaran HOTS; dan
  3. Guru mampu menganalisis kompetensi dasar.

MATERI POKOK

Adapun materi pokok yang akan dipelajari di dalam pembelajaran sebagai berikut.

  1. Konsep Berpikir Tingkat Tinggi
  2. Kompetensi Keterampilan 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication)

Bahan Belajar Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Mengapa Anda harus mempelajari materi ini?


Keterampilan tingkat tinggi merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu mengembangkan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi, antara dalam hal menjelaskan konsep HOTS, merancang pembelajaran HOTS; serta menganalisis kompetensi dasar.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari konsep berpikir tingkat tinggi dan materi terkait kompetensi keterampilan 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication) dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan. Bahan belajar mandiri ini dapat Anda akses dan pelajari secara online, dan atau Anda unduh untuk dipelajari secara offline

Selain itu, bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari materi. Pada akhir sesi pembelajaran, Anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan sebagai reviu pembelajaran yang sudah Anda lakukan.

Jika dirasa pemahaman Anda belum maksimal, jangan khawatir! Anda dapat mengulang pembelajaran maupun reviu sesuai dengan kebutuhan.

Silakan cermati video pembelajaran berikut untuk membantu Anda dalam memperdalam materi mengenai keterampilan berpikir tingkat tinggi.






Pada KD Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya,pengembangan materi pengayaan pada KD tersebut adalah ....

a.
menjelaskan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup
b.
menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian
c.
menyebutkan upaya pelestarian beberapa jenis makhluk hidup
d.
membandingkan siklus makhluk hidup satu dengan yang lainnya

Feedback

Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar “Merancang dokumen tahap pra-produksi,” adalah....
a.
menjelaskan tahapan pra-produksi
b.
Merancang dokumen tahap pra-produksi
c.
menyebutkan tahapan pra-produksi
d.
menelaah dokumen tahap pra-produksi

Feedback

Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah ....
a.
membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi
b.
melihat video tentang cuaca
c.
membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim
d.
mencatat hasil pengamatan cuaca

Feedback


Manakah diantara pernyataan berikut yang merupakan indikator pengayaan dari Kompetensi Dasar “Menganalisisperan ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa”?

a.
Merasionalkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
b.
Mengklasifikasi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
c.
Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang budaya.
d.
Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

Feedback


Indikator kunci dari kompetensi dasar “Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide ” adalah....
a.
menjelaskan tentang fitur yang tepat untukpembuatan slide
b.
menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide
c.
mengklasifikasi fitur yang tepat untuk pembuatan slide
d.
menguji fitur yang tepat untuk pembuatan slide

Feedback

Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar,” adalah..


a.
menyebutkan pengertian ekosistem
b.
menelaah hubungan antar komponen ekosistem
c.
menjelaskan jaring-jaring makanan
d.
menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem

Feedback

Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi Collaboration sangat penting karena peserta didik dapat....
a.
mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis, maupun teknologi
b.
menghasilkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok
c.
bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan
d.
mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari

Feedback

Perhatikan pernyataan berikut. * Mudah beradaptasi dan mampu mengelola kompleksitas.  * Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan risiko.  * Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk akal. Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari sebagai bagian dari keterampilan Abad ke-21.
a.
Digital Age Literacy
b.
High Productivity
c.
Inventive Thinking
d.
Effective Communication

Feedback

Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi Collaboration sangat penting karena peserta didik dapat....
a.
menghasilkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok
b.
bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan
c.
mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis, maupun teknologi
d.
mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari

Feedback

The correct answer is: bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan


Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa keterampilan untuk dapat memecahkan masalah yang muncul pada kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai....
a.
creative thinking
b.
problem solving
c.
critical thinking
d.
transfer knowledge

Feedback


Manakah diantara pernyataan berikut yang merupakan indikator pengayaan dari Kompetensi Dasar “Menganalisis peran ekonomi dalam upaya mensejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa”?
a.
Merasionalkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya
b.
Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang budaya
c.
Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya
d.
Mengklasifikasi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya

Feedback


Indikator kunci dari kompetensi dasar Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah ….

a.
menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
b.
menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
c.
mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
d.
menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

Feedback


Strategi guru saat peserta didik belum siap melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah....
a.
tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi
b.
membentuk kelompok siswa dengan kemampuan yang heterogen
c.
merubah perencanaan disesuaikan dengan kemampuan siswa
d.
membangun skemata dari pengetahuan awal yang telah diperoleh sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan

Feedback


Salah satu proses kognitif adalah “menganalisis” yang maknanya adalah ....


a.
memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian
b.
membangun arti dari proses pembelajaran, termasuk komunikasi lisan, tertulis dan gambar
c.
menempatkan unsur-unsur secara bersama-sama untuk membentuk keseluruhan secara koheren atau fungsional
d.
melakukan atau menggunakan prosedur di dalam situasi yang tidak biasa

Feedback


Pada KD “Menerapkan teknik penelusuran Search Engine ,”pengembangan materi pengayaan pada KD tersebut adalah ....
a.
menganalisis teknik penelusuran Search Engine
b.
menjelaskan teknik penelusuran Search Engine
c.
membandingkan teknik penelusuran Search Engine
d.
menyebutkan teknik penelusuran Search Engine

Feedback


Perhatikan pernyataan berikut.
  • Mudah beradaptasi dan mampu mengelola kompleksitas. 
  • Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan risiko. 
  • Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk akal. 
Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari sebagai bagian dari keterampilan Abad ke-21.
a.
Inventive Thinking
b.
Effective Communication
c.
High Productivity
d.
Digital Age Literacy

Feedback

0 komentar:

Post a Comment