Wednesday, September 15, 2021

Pedagogi Pembelajaran 6 : Konsep Penilaian

 KOMPETENSI

Pembelajaran konsep penilaian ini untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pengembangan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;

 

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Setelah mempelajari materi pokok 6 tentang konsep penialaian, diharapkan Anda mampu: 

  1. menjelaskan fungsi penilaian;
  2. mengimplementasikan penilaian pada kurikulum 2013;
  3. mengembangkan penilaian untuk peserta didik.

MATERI POKOK

Adapun materi pokok yang akan dipelajari di dalam pembelajaran sebagai berikut.

  1. Fungsi Penilaian.
  2. Penilaian dalam Kurikulum 2013.
  3. Penilaian oleh Pendidik.

Bahan Belajar Konsep Penilaian

Mengapa Anda harus mempelajari materi ini?


Konsep penilaian merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu melaksanakan pengembangan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi fungsi penilaian, penilaian dalam kurikulum 2013, dan penilaian oleh pendidik dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan. Bahan belajar mandiri ini dapat Anda akses dan pelajari secara online, dan atau Anda unduh untuk dipelajari secara offline

Selain itu, bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari materi. Pada akhir sesi pembelajaran, Anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan sebagai reviu pembelajaran yang sudah Anda lakukan.

Jika dirasa pemahaman Anda belum maksimal, jangan khawatir!
Anda dapat mengulang pembelajaran maupun reviu sesuai dengan kebutuhan.

Bahan Belajar Konsep Penilaian

Konsep Penilaian

Pengumpulan informasi pencapaian hasil belajar peserta didik membutuhkan teknik dan instrumen penilaian, serta prosedur analisis sesuai dengan karakteristik penilaian masing-masing. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan KD sebagai kompetensi minimal yang harus dicapai oleh peserta didik. 

Untuk mengetahui ketercapaian KD, pendidik harus merumuskan sejumlah indikator pencapaian kompetensi (IPK). IPK digunakan sebagai acuan penilaian. Pendidik atau satuan pendidikan (sekolah) juga harus menentukan pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM).

Penilaian bukan sekadar untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses belajar. Selama ini, seringkali penilaian cenderung dilakukan hanya untuk mengukur hasil belajar peserta didik, sehingga penilaian diposisikan seolah-olah sebagai kegiatan yang terpisah dari proses pembelajaran. Penilaian seharusnya dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yaitu assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran), assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran), dan assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran).

Berdasarkan Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan, Lingkup penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas penilaian hasil belajar oleh pendidik; penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan; dan penilaian hasil belajar oleh Pemerintah. Penilaian Hasil belajar oleh pendidik terdiri atas penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Untuk lebih memahami materi mengenai konsep penilaian, Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan. Anda dapat membaca materi secara online atau mengunduhnya untuk dipelajari secara offline.

Ruang Kolaborasi

Belajar bersama dapat membantu Anda lebih cepat memahami materi. Anda bersama peserta lainnya dapat saling berbagi di dalam ruangan ini. 

Perhatikan data Minat Belajar peserta didik berikut ini:

Tujuan : Siswa mampu mengenal, berbicara, dan menuliskan wujud benda dan sifat-sifat benda padat, cair dan gas. 

Berdasarkan data diatas, rancanglah bentuk penilaianya dengan menuliskan poin-poin berikut:

  • Tujuan Pembelajaran
  • Indikator Soal (Rumuskan indikator soal berdasarkan tujuan dan aktivitas pembelajaran)
  • Soal Uraian (Rumuskan soal yang sesuai dengan indikator soal dan Soal menggunakan stimulus)
  • Rubrik Penilaian (Rubrik penilaian harus bisa mengukur jawaban dari murid. Rubrik boleh menggunakan skala likert (1, 2, 3, dan 4) atau dirumuskan dalam bentuk lain)
Berikut ini merupakan prinsip penilaian yang harus Anda perhatikan dalam melakukan penilaian di kelas Anda, kecuali
a.
adil
b.
terbuka
c.
sahih
d.
subjektif

Feedback


Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam kegiatan perencanaan penilaian sikap adalah .....
a.
menentukan skala pengukuran
b.
menentukan sikap yang akan dikembangkan
c.
menentukan spesifikasi instrumen
d.
menentukan indikator

Feedback

Berikut pernyataan yang benar terkait dengan tingkat kesulitan sebuah soal adalah
a.
semakin banyak butir soal yang tidak bisa dijawab oleh siswa dengan benar maka soal tersebut sulit
b.
semakin kecil nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin besar nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit
c.
semakin banyak siswa yang menjawab benar, berarti soal tersebut mudah
d.
semakin besar nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin kecil nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit

Feedback


Ismail siswa mampu mengurutkan benda dengan mudah berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Ismail mengurutkan panjang benda tersebut merupakan kemampuan berpikir pada tahap perkembangan kognitif
a.
pre-operasional
b.
pra-operasional
c.
operasional formal
d.
operasional konkret

Feedback

Beberapa siswa Pak Usman memiliki IQ pada taraf normal bawah dan seringkali harus mengikuti remedial, terutama materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun pada materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat rendah, ketiganya mampu mencapai batas ketuntasan. Upaya Pak Usman mengembangkan potensi terbaik ketiga siswa tersebut adalah
a.
melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk yang fleksibel sesuai kebutuhan
b.
memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan
c.
menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor sebaya saat pembelajaran
d.
memberikan waktu lebih di luar kelas untuk menyelesaikan target pembelajaran

Feedback

Berikut yang bukan termasuk kegiatan perencanaan pada prosedur penilaian pengetahuan adalah
a.
menyusun bank soal
b.
menetapkan bentuk dan teknik penilaian
c.
pemetaan KD muatan pelajaran
d.
merancang instrumen penilaian

Feedback


Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah....
a.
memperkirakan penyebab
b.
memperkirakan tindakan
c.
identifikasi masalah
d.
identifikasi kasus

Feedback

Penilaian dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar, merupakan pengertian dari ....
a.
assessment to learning
b.
assessment of learning
c.
assessment for learning
d.
assesment as learning

Feedback


Definisi penilaian adalah ....
a.
kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya
b.
menentukan atau menyusun alat ukur, dalam hal ini instrumen pengukuran dan bagaimana mengukurnya
c.
prosedur yang sistematis untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan untuk membuat kesimpulan tentang karakteristik orang atau objek
d.
kegiatan penentuan angka bagi suatu objek secara sistematik

Feedback

Daya pembeda pada suatu soal adalah
a.
kemampuan suatu butir soal yang tidak dapat membedakan antar siswa yang telah menguasai materi dan siswa yang kurang menguasai materi
b.
kemampuan suatu butir soal dapat membedakan antara siswa yang telah menguasai dan siswa yang kurang menguasai materi yang ditanyakan
c.
jumlah siswa yang menjawab benar lebih banyak daripada jumlah siswa yang menjawab salah
d.
jumlah siswa yang menjawab salah dan jumlah siswa yang bisa menjawab benar, proporsinya sama.

Feedback


Bu Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui curah gagasan dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong ide berisi satu benda, kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong ide tersebut. Cara yang digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan berpikir
a.
divergen
b.
vertical
c.
logis
d.
konvergen

Feedback


Di antara pernyataan berikut yang benar adalah
a.
Penilaian diri dan antar teman dilakukan sewaktu-waktu sesuai keinginan guru
b.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan setiap pembelajaran berlangsung
c.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dinilai bersama dengan hasil observasi guru
d.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru

Feedback


Perhatikan aspek sikap berikut. (1) Percaya diri (2) Runtut (3) Santun (4) Kerjasama (5) Berbahasa Indonesia Kompetensi sikap yang akan dinilai untuk kegiatan bercerita adalah ....
a.
3, 4, 5
b.
1, 2, 5
c.
2, 3, 5
d.
1, 2, 3

Feedback

Perhatikan aspek sikap berikut: (1) Tanggung jawab (2) Kerjasama (3) Menghargai (4) Mandiri (5) Jujur Kompetensi sikap yang akan dinilai untuk kegiatan berdiskusi adalah ....
a.
3, 4, 5
b.
1, 2, 4
c.
1, 2, 3
d.
2, 3, 5

Feedback

0 komentar:

Post a Comment