Wednesday, September 15, 2021

Pedagogi Pembelajaran 4 : Desain Pembelajaran

 KOMPETENSI

Kompetensi guru yang akan dicapai pada pembelajaran ini  yaitu guru mampu mengembangkan desain pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013.

 

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Setelah mempelajari materi pokok 1 tentang konsep dasar ABK, diharapkan Anda mampu: 

  1. Guru mampu menganalisis kompetensi dasar;
  2. Guru mampu menentukan target kompetensi dari setiap kompetensi dasar;
  3. Guru mampu menentukan IPK; 
  4. Guru mampu mengembangkan pembelajaran; dan 
  5. Guru mampu mengembangkan tujuan pembelajaran.


MATERI POKOK

Adapun materi pokok yang akan dipelajari di dalam pembelajaran sebagai berikut.

  1. Analisis SKL, KI, dan KD,
  2. Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi,
  3. langkah Desain Pembelajaran

Bahan Belajar Desain Pembelajaran

Mengapa Anda harus mempelajari materi ini?


Desain Pembelajaran merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu mengembangkan pembelajaran yang memfasilitasi terjadinya transfer pengetahuan secara efektif dari guru ke peserta didik. Dengan pembelajaran ini diharapkan guru mampu mengembangkan desain pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari analisis Standar Kelulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD) dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan. Bahan belajar mandiri ini dapat Anda akses dan pelajari secara online, dan atau Anda unduh untuk dipelajari secara offline. 

Selain itu, bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari materi. Pada akhir sesi pembelajaran, Anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan sebagai reviu pembelajaran yang sudah Anda lakukan.

Jika dirasa pemahaman Anda belum maksimal, jangan khawatir!
Anda dapat mengulang pembelajaran maupun reviu sesuai dengan kebutuhan.


Kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik yang diawali dengan pemberian rangsangan, mengajak peserta didik daam mengidentifikasi masalah, melakukan pengumpulan data dan mengolah data sehingga mampu memberikan pembuktian dan menarik simpulan. Model yang tepat digunakan untuk kegiatan pembelajaran diatas adalah.......
a.
Discovery Learning
b.
Inquiry Learning
c.
Project Based learning
d.
Problem Based learning

Feedback

Salah satu aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks Discovery Learning yang.......
a.
pernyataan/Identifikasi masalah (Problem Statement)
b.
pembuktian (Verification)
c.
pengumpulan data (Data Collection)
d.
pengolahan data (Data Processing)

Feedback

Manakah soal yang memenuhi kriteria HOTS untuk stimulus berikut?

a.

Sawi dan bunga sepatu berperan sebagai apa?

b.

Jika ulat menurun drastis, apa yang terjadi pada burung elang?

c.

Apakah peran burung elang dalam suatu rantai makanan?

d.

Hewan apa yang berperan sebagai konsumen tingkat I?

Feedback

Untuk menilai siswa dalam memahami paragraf, guru meminta siswa menuliskan kembali dengan menggunakan kalimatnya sendiri. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya dilakukan?
a.
Penilaian produk
b.
Tes tertulis
c.
Penilaian praktik
d.
Tes lisan

Feedback

Manakah indikator yang sesuai untuk soal berikut?

a.
Disajikan diagram data penjualan beras, siswa dapat menentukan banyaknya beras yang terjual pada hari Kamis.
b.
Disajikan diagram data penjualan beras, siswa dapat menentukan banyaknya beras yang terjual pada hari Rabu.
c.
Disajikan diagram data penjualan beras, siswa dapat menentukan pencapaian penjualan beras tertinggi.
d.
Disajikan diagram penjualan sembako, siswa dapat menentukan banyaknya sembako yang terjual selama lima hari.

Feedback

Indikator menyebutkan benda-benda yang ada di kelas, apabila dimasukkan pada matriks kemampuan berpikir dan dimensi pengetahuan berada pada posisi.......

a.
Posisi C
b.
Posisi B
c.
Posisi D
d.
Posisi A

Feedback

Peserta didik diminta untuk menyebutkan nama tumbuhan yang ada di sekolah. Aktivitas pembelajaran tersebut masuk ke dalam dimensi pengetahuan.......
a.
konseptual
b.
metakognitif
c.
prosedural
d.
faktual

Feedback

Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan. Aktivitas pembelajaran di atas merupakan model Project Based Learning pada sintaks.......
a.
mendesain perencanaan produk
b.
pertanyaan mendasar
c.
memonitoring keaktifan dan pengembangan proyek
d.
menyusun jadwal pembuatan

Feedback

Perhatikan cuplikan berita di bawah ini! Manakah pertanyaan yang merupakan soal HOTS berdasarkan teks di atas?

a.
Apa yang dilakukan para relawan?
b.
Jika Anda seorang kepala desa, apa yang akan anda lakukan?
c.
Mengapa siswa di Maros harus berjuang untuk pergi ke sekolah?
d.
Apakah pemerintah sudah turun tangan dalam menangani masalah ini?

Feedback

Salah satu sintaks Problem Based Learning adalah mengorganisasikan peserta didik untuk belajar. Contoh aktivitas pembelajarannya adalah.......
a.
siswa melakukan penyelidikan (mencari data/referensi/sumber untuk bahan diskusi)
b.
kelompok melakukan diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah
c.
kelompok mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan
d.
siswa berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan-bahan/alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah

Feedback

Perhatikan contoh soal HOTS di bawah ini! Manakah indikator soal yang paling tepat untuk soal di atas?

a.
Disajikan teks tentang kependudukan, siswa dapat menyebutkan factor-faktor yang menyebabkan terjadinyan ledakan penduduk
b.
Disajikan teks, siswa dapat menjelaskan pengertian kependudukan.
c.
Disajikan permasalahan kontekstual tentang kependudukan, siswa dapat menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep kependudukan
d.
Disajikan kasus tentang kependudukan, siswa dapat menjelaskan terjadinya ledakan penduduk di suatu negara.

Feedback

0 komentar:

Post a Comment