Sunday, September 12, 2021

Pedagogi Pembelajaran 2 : Karakter Peserta Didik

 KOMPETENSI

Setelah mempelajari keseluruhan materi pada pembelajaran 2, Anda diharapkan mampu menerapkan beragam karakteristik peserta didik sebagai pijakan dalam mendesain pembelajaran yang inovatif untuk mendukung tugas keprofesian sebagai pendidik, yang mempesona yang dilandasi sikap berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, disertai dengan jiwa kesepenuhatian dan kemurahatian.

 

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Adapun indikator pencapaian kompetensi untuk mendukung kompetensi yang diharapkan,

  1. Menentukan ragam/macam-macam karakteristik peserta didik;
  2. Menganalisis kemampuan awal peserta didik;
  3. Mengembangkan kegiatan pembelajaran yang kondusif berdasarkan hasil analisis kemampuan awal peserta didik.

      MATERI POKOK

      Adapun materi pokok yang akan dipelajari di dalam pembelajaran sebagai berikut.

      1. Pengertian Karakteristik Peserta Didik.
      2. Ragam Karakteristik Peserta Didik.

      Bahan Belajar Karakter Peserta Didik

      Mengapa Anda harus mempelajari materi ini?


      Karakter peserta didik merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu menerapkan beragam karakteristik peserta didik sebagai pijakan dalam mendesain pembelajaran yang inovatif untuk mendukung tugas keprofesian sebagai pendidik, yang mempesona yang dilandasi sikap berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, disertai dengan jiwa kesepenuhatian dan kemurahatian. 

      Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi pengertian karakteristik peserta didik, dan ragam karakteristik peserta didik dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan. Bahan belajar mandiri ini dapat Anda akses dan pelajari secara online, dan atau Anda unduh untuk dipelajari secara offline

      Selain itu, bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari materi. Pada akhir sesi pembelajaran, Anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan sebagai reviu pembelajaran yang sudah Anda lakukan.

      Jika dirasa pemahaman Anda belum maksimal, jangan khawatir!
      Anda dapat mengulang pembelajaran maupun reviu sesuai dengan kebutuhan.

       Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:
      Select one:
      a.
      Minat
      b.
      Status social
      c.
      Motivasi
      d.
      Etnik
      e.
      Kultural

      Feedback

      Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek:?
      Select one:
      a.
      Sosial
      b.
      Status sosial
      c.
      Etnik
      d.
      Motivasi
      e.
      Kultural

      Feedback

      Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:
      Select one:
      a.
      Perkembangan emosinya
      b.
      Perkembangan motoriknya
      c.
      Kemampuan awalnya
      d.
      Motivasi belajarnya
      e.
      Perkembangan sosialnya

      Feedback

      Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:
      Select one:
      a.
      Menendangbola
      b.
      Mewarnai pola
      c.
      Menjiplak huruf
      d.
      Memasangpuzzle
      e.
      Meronce membuat kalung

      Feedback

      Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:
      Select one:
      a.
      Menggunakan modul dan powerpoint.
      b.
      Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.
      c.
      Menggunakan program audio dan modul.
      d.
      Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.
      e.
      Menggunakan media audio, video, dan percobaan.

      Feedback

      Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan:
      Select one:
      a.
      Gayabelajarpesertadidik
      b.
      Kultural peserta didik
      c.
      Minat peserta didik
      d.
      Etnik peserta didik
      e.
      Gender peserta didik

      Feedback

      Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek:?
      Select one:
      a.
      Status Sosial
      b.
      Motivasi
      c.
      Etnik
      d.
      Moral
      e.
      Minat

      Feedback

      Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama: ?
      Select one:
      a.
      Minat
      b.
      Kultural
      c.
      Status social
      d.
      Gender
      e.
      Etnik

      Feedback

      Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf ?operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:
      Select one:
      a.
      Media grafis
      b.
      Media poster
      c.
      Media cetak
      d.
      Media benda nyata
      e.
      Media gambar

      Feedback

      Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan:
      Select one:
      a.
      Persetujuan orang lain
      b.
      Hati nurani
      c.
      Akibat perbuatan
      d.
      Ketertiban sosial
      e.
      Kontrak/imbal jasa

      Feedback

      0 komentar:

      Post a Comment