Wednesday, September 15, 2021

Pedagogi Pembelajaran 7 : Pengembangan Potensi Peserta Didik

 KOMPETENSI

Terdapat beberapa kompetensi guru bidang studi yang akan dicapai pada pembelajaran ini  yaitu guru P3K mampu: 

  1. memahami konsep perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik, tahapan, prinsip-prinsip dan implementasinya terhadap pendidikan;
  2. mengidentifikasi tugas-tugas perkembangan akhir masa kanak-kanak dan keragaman karakteristik peserta didik;
  3. menganalsiis permasalahan perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik dan menentukan kegiatan pembelajaran untuk memfasilitasi variasi perkembangan peserta didik;
  4. memahami konsep potensi peserta didik dan pengembangannya serta menentukan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik.

 

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Setelah mempelajari materi pokok 7 tentang Pengembangan Potensi Peserta Didik, diharapkan Anda mampu: 

  1. Menjelaskan konsep perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik;
  2. Menjelaskan tahapan perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik;
  3. Menjelaskan prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik dan implikasinya terhadap pendidikan;
  4. Mengidentifikasi tugas-tugas perkembangan akhir masa kanak-kanak;
  5. Menjelaskan pengertian potensi;
  6. Menjelaskan jenis-jenis potensi;
  7. Mengidentifikasi potensi peserta didik;
  8. Menganalisis permasalahan berkaitan dengan potensi peserta didik sekolah dasar; dan
  9. Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik.

MATERI POKOK

Adapun materi pokok yang akan dipelajari di dalam pembelajaran sebagai berikut.

  1. Perkembangan Peserta Didik.
  2. Potensi Peserta Didik.

Bahan Belajar Pengembangan Potensi Peserta Didik

Mengapa Anda harus mempelajari materi ini?


Pengembangan Potensi Peserta Didik merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu memahami konsep perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik, tahapan, prinsip-prinsip dan implementasinya terhadap pendidikan; mengidentifikasi tugas-tugas perkembangan akhir masa kanak-kanak dan keragaman karakteristik peserta didik, menganalsiis permasalahan perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik dan menentukan kegiatan pembelajaran untuk memfasilitasi variasi perkembangan peserta didik, dan memahami konsep potensi peserta didik dan pengembangannya serta menentukan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi perkembangan peserta didik, dan potensi peserta didik dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan. Bahan belajar mandiri ini dapat Anda akses dan pelajari secara online, dan atau Anda unduh untuk dipelajari secara offline

Selain itu, bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari materi. Pada akhir sesi pembelajaran, Anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan sebagai reviu pembelajaran yang sudah Anda lakukan.

Jika dirasa pemahaman Anda belum maksimal, jangan khawatir!
Anda dapat mengulang pembelajaran maupun reviu sesuai dengan kebutuhan.

Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:

Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:


Ruang Kolaborasi

Belajar bersama dapat membantu Anda lebih cepat memahami materi. Anda bersama peserta lainnya dapat saling berbagi di dalam ruangan ini. 

Cermati studi kasus berikut!

Bu Fatimah guru di kelas 1 SDN 1 Kota Tasikmalaya sedang berupaya untuk mengakomodasi perbedaan perkembangan peserta didik asuhannya. Beberapa diantaranya masih belum bisa membaca dan menulis. Dari  informasi yang dikumpulkan dan hasil pengamatan, mereka tumbuh dengan dukungan orangtua yang terbatas karena sibuk bekerja dan belum memahami arti pendidikan bagi masa depan anak-anak, serta mereka datang dari  keluarga ekonomi lemah sehingga tidak mungkin mendatangkan guru les.

Berdasarkan kasus perkembangan peserta didik tersebuti, identifikasi indikator masalahnya (fenomena/gejala yang terlihat), apa masalahnya, dan usulkan alternatif solusi untuk itu. Bekerjalah dalam kelompok dan presentasikan hasilnya!

Prestasi Musa di sebagian besar bidang studi di atas KKM, terutama IPA. Ulangannya yang selalu mendekati nilai sempurna didukung oleh kegemarannya membaca. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk mengembangkan bakat Musa?
a.
memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai bakatnya
b.
dijadikan pendidik sebaya untuk membantu teman-temannya yang kesulitan belajar
c.
memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai minatnya
d.
memberikan berbagai tugas mandiri sekaligus melatih keterampilan belajarnya

Feedback

Setiap anak memiliki potensi kreatif meskipun dalam tingkatan yang berbeda. Namun kreativitas berkembang karena faktor lingkungan. Apabila akan mengembangkan kreativitas siswa, maka guru hendaknya merancang pembelajaran yang kondusif. Pembelajaran yang dapat memfasilitasi berkembangnya kreativitas anak adalah...
a.
fleksibel dan permisif
b.
demokratis dan sesuai bakat
c.
fleksibel dan sesuai bakat
d.
demokratis dan permisif

Feedback

Di kelas Bu Rani, ada beberapa anak yang lebih suka menyendiri, sedikit memiliki teman, kurang mampu berkomunikasi, dan kurang mampu bekerja sama. Ciri-ciri perilaku peserta didik tersebut menunjukkan kecenderungan memiliki...
a.
keterampilan sosialisasi yang rendah
b.
kemampuan berkomunikasi yang rendah
c.
kemampuan menghargai diri yang rendah
d.
keterampilan sosial yang rendah

Feedback

Dicky tidak disukai oleh teman-temannya karena memiliki sikap kurang menghargai orang lain, suka berbicara kasar, agresif dan suka mengganggu orang lain. Bedasarkan ciri-ciri perilaku tersebut diduga status hubungan sosial Dicky termasuk...
Select one:
anak yang diterima
anak yang diabaikan
anak yang kontroversial
anak yang ditolak

Feedback

Toni sering berjalan-jalan ketika belajar, mengganggu teman-teman yang sedang belajar, dan membuat masalah di kelas. Gejala tersebut menunjukkan Toni memiliki kesulitan belajar dalam aspek penyesuaian...
Select one:
Diri
Sosial
Emosi
Moral

Feedback

Ismail siswa kelas II SD mampu mengurutkan benda dengan mudah berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Ismail mengurutkan panjang benda tersebut merupakan kemampuan berpikir pada tahap perkembangan kognitif...
Select one:
operasional formal
operasional konkret
pra-operasional
pre-operasional

Feedback

Ibu Fatimah merancang pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik kemampuan dasar anggota kelompok. Hal yang dilakukan oleh Ibu Fatimah merupakan implementasi pendidikan dari prinsip perkembangan, yaitu...
a.
pola perkembangan memiliki keragaman
b.
variasi dari tempo dan irama perkembangan
c.
perkembangan berproses secara bertahap
d.
perkembangan bersifat maju berkelanjutan

Feedback

Salsabila yang duduk di kelas 2 SD menunjukkan prestasi belajar yang rendah hampir di semua bidang studi dan jarang dapat menyelesaikan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan. Namun Salsabila mempunyai catatan kehadiran, kerajinan, dan ketekunan yang bagus, serta sikap belajar yang positif. Faktor penyebab kesulitan belajar Salsabila diperkirakan pada...
Select one:
bakat siswa yang rendah
motivasi belajar yang kurang baik
minat belajar yang kurang baik
tingkat kecerdasan yang rendah

Feedback

Prestasi Amir pada sebagian besar bidang studi di bawah KKM. Berdasarkan hasil analisis himpunan data Amir memiliki potensi mental intelektualnya di atas rata-rata. Amir diduga memiliki kesulitan belajar dan termasuk anak yang...
Select one:
Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya
prestasinya rendah karena sikap kebiasaan belajarnya negatif
prestasi belajarnya sesuai dengan tingkat kecerdasannya
peserta didik termasuk anak yang lambat belajar

Feedback

0 komentar:

Post a Comment