KOMPETENSI
Setelah mempelajari modul ini secara mandiri, tekun dan semangat yang tinggi, Anda dapat memahami strategi komunikasi efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dalam proses pembelajaran.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Setelah mempelajari materi pokok tentang Dasar Komunikasi, diharapkan Anda mampu:
- menjelaskan pengertian fungsi, unsur dan proses komunikasi;
- Menentukan faktor-faktor penunjang dan penghambat dalam komunikasi yang efektif;
- Menerapkan strategi komunikasi yang efektif dengan peserta didik; dan
- Melakukan komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
MATERI POKOK
Adapun materi pokok yang akan dipelajari di dalam pembelajaran sebagai berikut.
- Konsep Dasar Komunikasi.
- Unsur-unsur Komunikasi.
- Proses Komunikasi.
- Faktor Penunjang dan Penghambat Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran.
- Strategi Komunikasi Efektif, Empatik dan Santun dengan Peserta Didik.
- Berkomunikasi secara Efektif, Empatik, dan Santun dengan Peserta Didik.
Bahan Belajar Dasar Komunikasi
Mengapa Anda harus mempelajari materi ini?
Dasar komunikasi merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu memahami strategi komunikasi efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi konsep dasar komunikasi, unsur-unsur komunikasi, proses komunikasi, faktor penunjang dan penghambat komunikasi efektif dalam pembelajaran, strategi komunikasi efektif, empatik dan santun dengan peserta didik, dan berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan. Bahan belajar mandiri ini dapat Anda akses dan pelajari secara online, dan atau Anda unduh untuk dipelajari secara offline.
Selain itu, bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari materi. Pada akhir sesi pembelajaran, Anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan sebagai reviu pembelajaran yang sudah Anda lakukan.
Jika dirasa pemahaman Anda belum maksimal, jangan khawatir!
Anda dapat mengulang pembelajaran maupun reviu sesuai dengan kebutuhan.
Secara etimologis komunikasi atau communication (dalam bahasa Inggris) berasal dari perkataan Latin communis yang berarti “sama”, communico, communicatio, atau communicare yang berarti “membuat sama” (to make common) (Effendi, 1993).
Secara terminologis, komunikasi berarti proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Komunikasi terjadi apabila terdapat kesamaan makna terhadap suatu pesan yang disampaikan oleh komunikator dan diterima oleh komunikan. (Rakhmat, 1989).
Gintings (2008: 120-122) menegaskan ada sejumlah unsur komunikasi berdasarkan definisi dan model komunikasi. Unsur-unsur yang dimaksud adalah sebagai berikut:
- Pengirim atau komunikator
- Penyandian atau encoding
- Pesan atau Message
- Saluran dan Media
- Penyandian Ulang atau Decoding
- Penerima atau Komunikan
- Umpan Balik atau Feedback
Menurut Model Lasswel proses komunikasi dapat digambarkan dengan menjawab pertanyaan: “Siapa Mengatakan Apa Dengan Saluran Apa Kepada Siapa dengan Pengaruh Bagaimana?”. Berdasarkan model ini unsur komunikasi terdiri atas pengirim, pesan, media, penerima, dan hasil komunikasi. Model ini bersifat satu arah dan tidak mempertimbangkan gangguan komunikasi. Menurut model komunikasi Srhramm proses komunikasi mencakup proses penyandian dan adanya pengaruh pengalaman dari komunikator dan komunikan.
Faktor penunjang komunikasi efektif dapat dilihat dari faktor guru, peserta didik, dan muatan pelajaran. Faktor penghambat komunikasi efektif secara umum meliputi gangguan fisik, gangguan mekanik, gangguan semantik, gangguan budaya, gangguan kepentingan, dan gangguan motivasi. Faktor penghambat komunikasi efektif dalam pembelajaran terdiri atas hambatan pada guru, hambatan pada saluran atau media, serta hambatan pada peserta didik.
Startegi komunikasi efektif, empatik dan santun dapat meliputi kegiatan (1) membangun etos guru melalui kesiapan, kesungguhan, ketulusan, kepercayaan, ketenangan, keramahan dan kesederhanaan; (2) memilih materi yang sesuai, dengan memperhatikan: materi sesuai dengan latar belakang pengetahuan peserta didik, menarik minat guru dan peserta didik, serta sesuai dengan pengetahuan peserta didik. (3) menggunakan bahasa yang tepat: kata-kata harus jelas, kata-kata harus tepat, dan kata-kata harus menarik, (4) Membangun Iklim Komunikasi dengan Peserta Didik. Iklim komunikasi yang positif dapat dilakukan melalui sikap respect, emphaty, audible, clarity, dan humble.
Untuk lebih memahami materi mengenai dasar komunikasi , Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan. Anda dapat membaca materi secara online atau mengunduhnya untuk dipelajari secara offline.
Komunikasi adalah proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Berdasarkan pengertian di atas, yang tidak termasuk dalam komponen komunikasi adalah ....
Unsur-unsur komunikasi berdasarkan definisi dan model komunikasi, dalam konteks belajar mengajar guru dan siswa berperan sebagai komunikator sehingga terjadi komunikasi dua arah, adalah….
Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang kurang tepat untuk menjelaskan tentang komunikasi yang efektif?
Komunikasi efektif adalah komunikasi yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain dimana respons atau efek yang terjadi pada komunikan sesuai dengan tujuan komunikator |
Komunikasi efektif dapat terjadi apabila komunikator menyampaikan pesan hanya secara linear kepada komunikan dengan maksud untuk merubah tingkah laku.
Komunikasi dikatakan efektif apabila terdapat kesepahaman antara komunikator dan komunikan terhadap makna isi pesan yang disampaikan.
Komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang
disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerimaFeedback
Menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai melalui pembelajaran yang akan dilakukan bersama-sama di suatu kelas, disampaikan oleh guru pada kegiatan …
Kegiatan apersepsi
Kegiatan pendahuluan
Kegiatan inti pembelajaran
Kegiatan penutup
Feedback
Perhatikan contoh kegiatan berikut ini: 1) menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pembelajaran, 2) mempersiapan hal-hal apa yang harus dilakukan baik oleh guru maupun siswa pada pembelajaran, dan 3) menyampaikan topik atau materi apa saja yang akan dibahas pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh ke tiga hal tersebut, dalam kegiatan komunikasi termasuk kegiatan dalam upaya untuk menyamakan … dalam komunikasi.
Tujuan
Persepsi
Pespekstif
Prasangka
Feedback
Berdasarkan kuantitas orang yang terlibat dalam proses komunikasi, komunikasi di golongkan menjadi beberapa jenis, yaitu …
Komunikasi kelompok, komunikasi persuasif, komunikasi koersif
Komunikasi intrapersonal, komunikasi internasional, komunikasi kelompok
Komunikasi massa, komunikasi publik, komunikasi media
Komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi massa
Feedback
Hal yang tidak termasuk ke dalam jenis komunikasi non verbal adalah …
Ekepresi wajah
Bahasa yang digunakan
Gerakan tubuh
Intonasi suara
Feedback
Salah satu faktor penunjang keberhasilan komunikasi yang efektif adalah faktor etos (nilai-nilai) pada diri komunikator. Secara teoretis, hal-hal apa sajakah yang dapat membangun etos guru sebagai komunikator dalam pembelajaran?
Emosi dan intelektual
Kepercayaan dan latar belakang budaya
Kepercayaan dan daya tarik
Daya tarik dan kecerdasan
Feedback
Lima hal yang perlu diperhatikan guru dalam membangun iklim komunikasi yang positif dengan peserta didik yaitu ....
Respect, emphaty, audible, clarity, dan humble
Respect, emphaty, audible, clarity, dan preparedness
Respect, sympaty, audible, clarity, dan humble
Respect, emphaty, audible, seriousness, dan preparedness
Feedback
Secara sederhana komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima. Diagram yang menunjukkan komunikasi efektif adalah....
Action --------> understanding Perception -----> interpretation
Perception -----> interpretation --------> understanding -------> action
Perception -----> interpretation --------> action -------> understanding
Action ----perception -----> interpretation --------> understanding
Feedback
Perhatikan kata (istilah) “likuid” dalam pebelajaran IPA, dengan kata (istilah) “likuid”/”likuiditas” dalam pembelajaran IPS. Istilah tersebut memiliki arti yang berbeda dengan konteks masing-masing. Kesalahan memahami suatu istilah dapat menghambat dalam proses komunikasi pembelajaran. Hambatan ini biasa disebut ….
Hambatan lisan
Hambatan budaya
Hambatan personal
Hambatan semantik
Feedback
Pada pendekatan pembelajaran saintifik, keterampilan komunikasi siswa dapat dilihat dan diukur (dinilai) pada kegiatan di bawah ini, kecuali …
Mengumpulkan data
Mencoba atau bereksperimen
Mendiskusikan suatu masalah
Mepresentasikan hasil diskusi
Feedback
Merancang pertanyaan-pertanyaan dalam proses pembelajaran yang bertujuan memotivasi siswa untuk tetap menaruh perhatian pada pelajaran, dan mengontrol siswa tetap fokus pada pelajaran, sebaiknya dibuat/disusun dalam Rencana Program Pembelajaran pada bagian ….
Kegiatan pendahuluan
Kegiatan Inti
Tujuan Pembelajaran
Kegiatan Evaluasi
Feedback
Fungsi utama mengajukan pertanyaan kepada siswa dalam proses pembelajaran yaitu untuk ….
Memenuhi rasa ingin tahu siswa
Mengajak siswa untuk berpikir dan bernalar
Menempatkan siswa sebagai subjek belajar
Mengetahui keinginan siswa
Feedback
Pada saat tertentu, siswa tidak akan memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru ketika dia menganggap penjelasan guru semakin tidak jelas, semakin bingung, bahkan semakin stress. Hal ini merupakan hambatan komunikasi antara guru dan siswa dalam bentuk ....
gangguan fisik
gangguan kepentingan
gangguan semantik
gangguan mekanik
Feedback
Indikator keterampilan komunikasi melalui presentasi hasil kerja ilmiah yang dilakukan oleh siswa dapat diukur melalui aspek-aspek di bawah ini, yaitu …
Siswa mengumpulkan bukti-bukti hasil pengamatannya
Siswa bekerja sama mendiskusikan temuan di lapangan
Siswa melakukan praktikum percobaan di kelompok
Siswa mengungkapkan data yang diperoleh dari pengamatan
Feedback
Seorang guru dituntut memiliki kemampuan keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran. Diantara pernyataan di bawah ini, manakah yang kurang tepat mengenai fungsi pertanyaan dalam pembelajaran?
mengembangkan dan membangun konsep diri siswa secara individu
merangsang siswa mencari bahan yang lebih banyak (ekslplorasi)
mendorong minat dan motivasi siswa untuk berparsipasi aktif dalam
pembelajaranmengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan pokok pelajaran
Feedback
Komunikasi itu merupakan proses simbolik. Pernyataan ini merupakan …
Tujuan komunikasi
Bentuk komunikasi
Prinsip komunikasi
Istilah komunikasi
Feedback
Pertanyaan yang bertujuan untuk memunculkan minat dan keingintahuan peserta didik sehingga perhatian peserta didik terfokus sebaiknya dilakukan pada saat ….
refleksi
penutup
pendahuluan
kegiatan inti
Feedback
Salah satu kelebihan komunikasi yang dilakukan secara langsung dan tatap muka (direct communication) adalah …
Komunikator dan komunikan dapat mengatur topik yang akan dibicarakan
Komunikator akan mudah memprediksi respon yang terjadi pada komunikan
Komunikator dan komunikan mengetahui respon secara langsung pada saat komunikasi berlangsung
Komunikator dan komunikan bisa saling menyapa langsung
Feedback
Seorang guru menyampaikan materi pembelajaran secara langsung melalui aplikasi video conferences yang diikuti oleh siswa secara terpisah. Komunikasi yang terjadi pada kasus tersebut adalah …
Komunikasi media internet (internet media communication)
Komunikasi media massa (mass media communicatin)
Komunikasi langsung satu arah (one way direct communication)
Komunikasi langsung bermedia (mediated direct communination)
Feedback
Contoh pesan non verbal yang terjadi pada proses pembelajaran di kelas yaitu …
Guru memberikan “standing applause” kepada kelompok yang presentasi hasil kerjanya bagus
Siswa bertanya langsung tentang materi pelajaran yang tidak dimengerti
Guru memberikan instruksi dengan tegas supaya siswa tidak bekerja sama dalam mengerjakan ujian
Siswa menanggapi langsung pertanyaan dari guru yang ditujukan kepadanya
0 komentar:
Post a Comment